Semnas TPV 2019.

Ikhtisar

Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner merupakan kegiatan reguler yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian. Kegiatan ilmiah ini bertujuan untuk percepatan penyebaran hasil-hasil penelitian teknologi peternakan dan veteriner. Seminar juga merupakan media dan sarana untuk saling bertukar informasi serta menyampaikan hasil-hasil penelitian terkini. Forum ini juga berperan dalam membina peneliti dan membangun jejaring kerjasama penelitian dengan multi pihak, baik dalam negeri maupun luar negeri.

Seminar mengambil tema "Teknologi Peternakan dan Veteriner Mendukung Kemandirian Pangan di Era Industri 4.0". Tema ini cukup relevan dengan kondisi sekarang ini, mengingat peta jalan Making Indonesia 4.0 telah diluncurkan oleh Presiden RI pada tahun lalu. Sektor pertanian sebagai salah satu penopang kebutuhan pangan dan perekonomian memiliki peran penting dalam menjaga kestabilan nasional di Era Industri 4.0. Mewujudkan kemandirian pangan telah menjadi komitmen pemerintah dalam rangka pembangunan pertanian.

Era industri 4.0 menjadi titik balik fundamental bagi perubahan pada berbagai sektor termasuk pertanian. Dukungan teknologi peternakan dan veteriner sangatlah penting untuk ketersediaan dan pengembangbiakan ternak.

Waktu dan Tempat

Seminar diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan bekerjasama dengan Universitas Jember pada tanggal 15-16 Oktober 2019. Field trip pada tanggal 17 Oktober 2019 menuju Taman Nasional Baluran dan Kawah Ijen, Jawa Timur.

Makalah Pendukung

Makalah Hasil Penelitian Peternakan dan Veteriner(primer).

Jadwal Penerimaan Makalah

1. Batas akhir penerimaan makalah lengkap: 12 Juli 2019    diperpanjang sampai dengan 31 Juli 2019
2. Pemberitahuan hasil review mulai: 30 Agustus 2019
3. Batas akhir penerimaan makalah perbaikan sebelum: 6 September 2019
4. Pengiriman undangan: 27 September 2019

Template Makalah Semnas TPV 2019

FORM PENDAFTARAN

Pembicara Utama

  • Kepala Balitbangtan, Penelitian Peternakan dan Veteriner di Era Industri 4.0 (Keynote Speech)
  • Dr. Haryono, Menuju Industri 4.0 untuk Riset Peternakan
  • Prof. Dr. Achmad Subagjo, Hasil Penelitian Pakan Terkini Berbasis Bahan Pakan Lokal Menuju Riset Petenakan Berbasis Industri 4.0
  • Prof. Heather Burrow, Strategy Increasing Beef Cattle Production Under Dry Land Farming System
  • Dr. James McGrane, Preparedness for Emerging and Re-Emerging Animal Diseases in Global Perspective
  • Dr. Sinead Leahly, Green House Gas Emission from Ruminant Supply Chain: A Life Cycle Assessment

Kontak

Cahyatina Tri Rahayu, S.Pt. (Hp: +62 857-7949-8355)
Ivoni C. Sembiring, S.Sos. (Hp: +62 852-7550-7163)
E-mail: semnastpv@gmail.com