Kit Elisa Aflatoksin Untuk Deteksi Aflatoksin

Veteriner
Typography

Aflatoksin merupakan mikotoksin yang dihasilkan oleh kapang Aspergillus flavus dan Aspergillus parasiticus. Terdapat beberapa jenis aflatoksin utama, yaitu aflatoksin B1, B2, G1 dan G2. Keempat jenis aflatoksin tersebut biasanya ditemukan bersama dalam berbagai proporsi pada berbagai jenis pangan dan pakan hewan. Aflatoksin B1 biasanya paling mendominasi dan bersifat paling toksik. Aflatoksin B1 dan B2 dihasilkan oleh A. flavus dan A. parasiticus. Sedangkan aflatoksin G1 dan G2 hanya dihasilkan oleh A. parasiticus. Jika aflatoksin B1 dan G1 masuk ke dalam tubuh hewan ternak melalui pakannya, maka senyawa tersebut akan dikonversi di dalam tubuh hewan tersebut menjadi aflatoksin M1 dan M2, yang dapat diekskresikan dalam susu dan urin.

Aflatoksin dapat dijumpai pada berbagai bahan pangan, Namun, komoditas yang mempunyai tingkat risiko tertinggi terkontaminasi aflatoksin adalah jagung, kacang tanah dan biji kapas (cotton seed). Pada sejumlah spesies hewan, aflatoksin dapat menyebabkan nekrosis akut, sirosis dan karsinoma hati serta berpotensi mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Tidak ada hewan yang resisten terhadap efek toksik akut aflatoksin.

Sebagaimana halnya penanganan toksin fumonisin, untuk itu dibutuhkan pula perangkat deteksi cepat yang mudah dan ekonomis untuk deteksi aflatoksin. Kegiatan pengembangan kit ELISA aflatoksin B, telah dilakukan oleh BB Litvet dan telah dapat dirakit kit ELISA aflatoksin B, untuk analisis kandungan aflatoksin pada sampel pakan dan jagung. Keunggulan Kit ELISA Aflatoksin hasil inovasi BB Litvet adalah (1) Bisa mengektraksi 40 sampel sederhana sekaligus; (2) Analisisnya lebih cepat 15 menit dan hasilnya lebih sensitif serta spesifik daripada alat serupa buatan luar negeri; (3) Harganya relatif lebih murah 1/3 dari komersial; dan (4) Kit ELISA bisa disimpan selama dua bulan pada suhu 4oC. Dengan tersedianya teknik deteksi yang dikembangkan, kontrol kualitas pakan dan jagung diharapkan dapat dilakukan secara lebih cepat dan berkesinambungan.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS