Kit Fumelisa Untuk Deteksi Kontaminasi Fumonisin

Veteriner
Typography

Kit fumelisa merupakan kit untuk mendeteksi toksin fumonisin. Fumonisin yaitu jenis mikotoksin yang dihasilkan oleh kapang Fusarium verticilliodes dan Fusarium proliferatum yang tumbuh sebagai patogen pada komoditas pertanian seperti jagung, gandum, sorgum dan padi. Fumonisin dikategorikan sebagai senyawa karsinogenik grup 2B dan termasuk lima mikotoksin penting di dunia. Fumonisin diketahui sebagai penyebab kanker esofagus dan radang ginjal pada manusia, leukoensepalomalasia pada kuda, pembengkakan paru-paru pada babi, toksisitas pada kardiovaskuler pada kuda dan babi, kematian akut pada domba, serta penurunan kekebalan pada ayam. Di Indonesia, fumonisin ditemukan pada bahan pakan (jagung, dedak) dan pakan komposit.

Dalam rangka keamanan pangan, monitoring kontaminasi fumonisin dalam bahan pakan dan pangan perlu dilakukan dengan cepat dan akurat. Untuk itu, dibutuhkan perangkat deteksi cepat yang mudah serta ekonomis dan itu dapat dilakukan dengan Kit Fumolisa hasil inovasi dari BB Litvet.

Kit Fumolisa tersebut adalah (1) berbasis antibodi monoklonal (Sub Klom 2B1F6F7), dikembangkan untuk mendeteksi fumanisim B1 (FB1) pada produk pertanian dan pakan ternak; (2) Memiliki performans yang baik untuk mendeteksi fumonisin pada jagung dan pakan; (3) Antibodi bereaksi spesifik terhadap FB1 (100%) dan FB2 (4,9%) dengan batas deteksi 0,5 ng/ml (ppb); dan (4) Dapat membantu mengatasi keracunan fumonisin pada produk pertanian dan pakan ternak.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS