Zink Metionat Sebagai Suplemen Mineral Dalam Ransum Domba

Ruminansia
Typography

Mineral dalam pakan ruminansia berfungsi untuk memenuhi kebutuhan harian dan untuk aktivitas mikroba di dalam rumen. Di dalam rumen mineral ikut menentukan kecernaan serat terutama lignoselulosa. Mikro mineral yang berperan aktif dalam membantu aktivitas metabolisme mikroba rumen adalah Zn, Se, Co, Cu dan Mo. Pakan yang berupa hijauan di Indonesia sering dilaporkan defisiensi Zn. Defisiensi Zn dapat lebih ditoleransi oleh ternak bila kadar Ca dalam pakan lebih rendah.


Untuk mengatasi masalah di atas, penggunaan Zn organik yang diproduksi di luar negeri lebih banyak digunakan dibandingkan dengan Zn anorganik. Zink organik merupakan Zn yang terikat dengan protein atau asam amino. Zink yang berikatan dengan protein disebut Zn-proteinat sedangkan yang berikatan dengan gugus asam amino metionin disebut Zn-metionat. Sementara itu, Zn-biokompleks adalah hasil fermentasi Zn pada bahan pakan yang berkadar protein tinggi.


Penambahan 50 mg/kg Zn-metionat pada ternak domba dapat meningkatkan pertambahan bobot hidup yang lebih baik sebesar 35,42% dibandingkan dengan yang tanpa penambahan Zn-metionat. Selain itu, juga dapat meningkatkan efisiensi penggunaan serat, serta perbaikan nilai FCR sebesar 20,16%.

BLOG COMMENTS POWERED BY DISQUS