Bogor, 16-Nov-2018


BOGOR – Balitbangtan kembali luncurkan hasil inovasi teknologinya. Selasa (13/2/2018) di Bogor, Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir mengenalkan paket teknologi veteriner untuk perbibitan sapi mulai dari penyiapan sapi sehat dengan paket pemeriksaan penyakit (medical checkup/MCU), vaksinasi pada sapi dara atau calon induk yang akan dikawinkan, deteksi birahi dan kebuntingan, serta vaksinasi pada masa kebuntingan untuk mencegah kematian dini pada pedet.

Paket teknologi ini dimaksudkan untuk mendukung upaya khusus swasembada protein khususnya daging sapi yaitu program sapi indukan wajib bunting (SIWAB) yang akan efektif jika sapi yang digunakan untuk pembibitan adalah sapi sehat.

“Pemerintah harus hadir di tengah masyarakat terutama peternak dalam mengakses paket teknologi pembibitan sapi yang dikembangkan oleh BBLitvet” tegas Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir usai meluncurkan paket teknologi tersebut.

Kepala Balitbangtan juga menyebutkan komitmen Badan Litbang Pertanian dalam mendukung program Upsus Siwab ini dengan penyediaan vaksin yang baru diluncurkan agar dapat langsung dirasakan manfaatnya oleh peternak. “Balitbangtan akan memberikan vaksinasi secara gratis, agar teknologi dan inovasi yang dihasilkan ini dapat langsung dirasakan oleh peternak.” Ungkap Kepala Balitbangtan.


Baca juga:   


Selain dalam bentuk produk, di kesempatan itu juga diperkenalkan teknologi sistem informasi berbasis android yang berguna untuk memberikan informasi tentang gejala klinis penyakit hewan ternak dan cara penanganannya yang diberi nama TAKESI (Teknologi Android Kesehatan Sapi).

Kelebihan aplikasi yang bisa diunduh melalui playstore ini yaitu para peternak selain bisa mengetahui gejala klinis dari penyakit yang diderita oleh hewan ternaknya, juga dapat langsung berkomunikasi dan berkonsultasi dengan dokter hewan setempat atau para ahli veteriner melalui kontak yang disediakan dalam aplikasi tersebut. (Ybh/Uka)

 

Sumber: Badan Litbang Pertanian

 

loading...

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN