Bogor, 22-Feb-2018       English Version


Deli Serdang (8/1). Telah dilaksanakan penyerahan dokumen Penandatanganan Kesepakatan Bersama antara Badan Litbang Pertanian dan Pemerintah Daerah Kabupaten Deli Serdang di Aula Cendana Kantor Bupati Deli Serdang di Lubuk Pakam, Sumatera Utara. Dokumen Kesepakatan Bersama ini diserahkan oleh Kepala Puslitbang Peternakan, mewakili Kepala Badan Litbang Pertanian (Dr. M. Syakir) kepada Bupati Deli Serdang, yang diwakili oleh Asisten II Bidang Perekonomian, Kab. Deli Serdang, Hj. Saadah Lubis, SPd, M.AP. Hadir dalam pertemuan ini adalah Asisten II Bidang Perekonomian Daerah, Staf Ahli Bupati, Kepala SKPD Kab. Deli Serdang, dan Kepala UK/UPT Lingkup Balitbangtan (Puslitbangnak, Puslitbang Hortikultura, BPTP Sumatera Utara, Loka Penelitian Kambing Potong dan KP Brastagi). Pertemuan pada dasarnya dilakukan untuk menyerahkan Dokumen Penandatanganan Kesepakatan Bersama Penelitian, Pengembangan dan Inovasi Pertanian yang telah ditandatangani oleh Bupati Deli Serdang, H. Ashari Tambunan pada tanggal 12 Desember 2017 dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Dr. M. Syakir pada tanggal 22 Desember 2017.

Kesepakatan Bersama ini diinisiasi oleh Bupati Deli Serdang yang telah melakukan kunjungan ke Lolit Kambing Potong pada tanggal 3 Maret 2017 beserta rombongan sekitar 100 orang yang terdiri dari seluruh Kepala SKPD, DPRD, Camat dan Lurah. Bupati sangat tertarik dengan hasil inovasi Balitbangtan, utamanya ternak Kambing Boerka dan teknologi pakan pendukungnya, sehingga berkeinginan untuk melakukan kerjasama dalam bidang pertanian secara umum. Hal ini ditujukan untuk mempercepat pembangunan pertanian yang berlandaskan kearifan lokal melalui pendayagunaan potensi sumber daya terpadu, terkoordinasi dan saling menguntungkan guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Deli Serdang.

Koordinasi intensif dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Deli Serdang dengan melakukan kunjungan ke Balitbangtan dan diterima oleh Sekretaris Balitbangtan pada tanggal 28 Juli 2017. Penyusunan Draf Kesepakatan Bersama ini terus dilaksanakan, sehingga masing-masing pihak sepakat untuk melaksanakan kerjasama di bidang penelitian, pengembangan dan inovasi pertanian.

Tindaklanjut Penandatanganan Kesepakatan Bersama ini, diarahkan untuk menyusun Perjanjian Kerjasama secara operasional dalam bidang pengembangan inovasi padi organik, hortikultura dan peternakan. Potensi Kabupaten Deli Serdang cukup besar dengan luas wilayah 2.497 km2 dan sebagian besar merupakan areal pertanian. Inovasi padi organik diharapkan melalui pemanfaatan bio-fertilizer, disamping berkeinginan juga untuk mengembangkan sistem pertanaman jajar legowo dengan VUB Balitbangtan. Inovasi hortikultura meliputi pengembangan Pisang Barangan dan Salak, sedangkan hal tersebut untuk peternakan adalah inovasi Kambing Boerka dan Ternak Sapi Potong.

Hasial diskusi dengan Kepala Dinas Pertanian terkait operasionalisasi rencana kegiatan kerjasama ini akan dilakukan dalam waktu dekat. Disepakati Penandatanganan Kerjasama Penelitian akan dilaksanakan di Bogor paling lambat di akhir bulan Januari 2018.

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek