Bogor, 22-Feb-2018       English Version


Dua kelompok tani (Jaya Makmur dan Tani Maju Jaya) yang berlokasi di Desa Sumber Makmur, Kec. Parenggean, Kotawaringin Timur dikunjungi Tim Puslitbangnak yang terdiri dari Dr. Eko Handiwirawan dan Fitra Aji Pamungkas, S.Pt, M.Si. Tim ini didampingi oleh Umming Sente, S.Pt  dan Bambang Haryanto, S.Pt (Peneliti BPTP Kalimantan Tengah). Kunjungan dilaksanakan pada tanggal 13 – 15 September 2017.

Kelompok Tani Jaya Makmur merupakan lokasi Model pengembangan pertanian bioindustri kelapa sawit spesifik lokasi di Kalimantan Tengah dengan pelaksana dari BPTP Kalimantan Tengah, Pemerintah Daerah Kotawaringin Timur, PT. SISK (Makin Group) dan Poktan Jaya Makmur. Sedangkan Kelompok Tani Maju Jaya merupakan Demplot Kemitraan peternakan sapi kerjasama dengan BPTP Kalimantan Tengah yang disponsori oleh PT. SISK (Makin Group).

Pada Kunjungan lapang kali ini diserahkan juga sebanyak 20 pak Minoxvit dan 50 pak Bioplus Pedet kepada BPTP Kalimantan Tengah. Kegiatan kunjungan lapang yang dilakukan Tim Puslitbangnak dan BPTP Kalimantan Tengah  adalah monitoring penerapan inovasi teknologi peternakan pada sapi di 2 lokasi Kelompok Tani tersebut yaitu penggunaan bioplus pedet, minoxvit, ekstrunak dan bibit indigofera sp.  Setelah melaksanakan kegiatan di lokasi demfarm, tim melapor pada drh. Chandra Rahmawan (Kabid Keswan dan Kesmavet, Dinas Pertanian dan Peternakan Kalimantan Tengah). Tim Puslitbangnak menyampaikan hasil kunjungan lapang Demfarm Upsus SIWAB di Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah.

Tim akan mengamati parameter teknis berupa BB, lingkar dada, panjang badan dan performans dari pedet yang diberikan Bioplus dan induk yang diberikan Minoxvit.  Sedangkan benih indigofera akan disemai terlebih dahulu di BPTP Kalimantan Tengah, untuk kemudian ditanam pada lahan milik anggota. Pengamatan karakteristik morfologis dari pertumbuhan tanaman indigofera akan diamati. Nanohormon Estrunak direncanakan akan dilakukan di Kotawaringin Barat dan akan digunakan sesuai dengan keadaan lapang sesuai dengan monitoring dari tim.

Dalam waktu 2 minggu kedepan Tim BPTP Kalimantan Tengah akan melakukan kunjungan lapang kembali untuk pengamatan parameter teknis bobot badan dan koordinasi tindak lanjut. (REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek