Bogor, 25-Sep-2018       English Version


Wacana investasi sapi potong penghasil bakalan di luar negeri oleh Pemerintah Indonesia akhir-akhir ini telah memunculkan berbagai pandangan yang perlu mendapat perhatian para pembuat kebijakan. Berbagai permasalahan dan solusinya perlu
dipertimbangkan dengan sangat matang, baik dari aspek teknis, ekonomis, sosial dan budaya, sehingga keputusan yang diambil dapat membawa kebaikan bagi masyarakat dan peternakan sapi potong Indonesia. Pro dan kontra tentang peluang ini disampaikan oleh berbagai stakeholders, baik pemerintah, swasta dan masyarakat umum. Sejatinya, peluang Indonesia untuk mengembangkan usaha sapi potong di dalam negeri sangat potensial. Tetapi pengembangan sapi potong di dalam negeri dengan memanfaatkan sumber daya genetik sapi lokal dan berbagai bahan pakan lokal yang melimpah memerlukan kesungguhan seperti modal, kebijakan insentif dan infrastruktur pendukungnya. Oleh karena itu, apabila investasi tersebut dilakukan untuk mengembangkan sapi potong di dalam negeri akan sangat bermanfaat dalam memenuhi kebutuhan daging nasional.

Sehubungan dengan hal tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian melalui Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan menugaskan Tim Kajian Antisipatif dan Responsif Kebijakan Strategis Peternakan dan Veteriner untuk mendiskusikan hal ini secara komprehensif dengan melibatkan berbagai stakeholders terkait. Berbagai diskusi telah diselenggarakan lintas waktu dan tempat dengan berbagai forum, dan diakhiri dengan suatu panel diskusi pada tanggal 25 Juni 2013 di Jakarta. Hasil-hasil diskusi tersebut dirangkum dalam booklet ini agar dapat dimanfaatkan oleh berbagai pihak terkait dengan saran dan rekomendasi tindak lanjutnya yang perlu dilakukan oleh berbagai pihak.

Pada kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah terlibat secara langsung maupun tidak langsung sehingga booklet ini dapat terbit. semoga buku ini bermanfaat bagi berbagai pihak yang berkepentingan.

 

Selengkapnya (file Download)

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN