Bogor, 22-May-2018       English Version


Buku ini disusun sebagai salah satu upaya untuk memperkecil jarak antara teknologi yang dihasilkan melalui penelitian dengan praktek penerapannya di tingkat peternak atau industry peternakan. Banyak penelitian yang sudah dilakukan oleh peneliti di dalam maupun di luar negeri tentang penggunaan hasil samping industri sawit sebagai bahan pakan, namun penerapan hasil penelitian tersebut di tingkat peternak atau industry peternakan di Indonesia masih sangat terbatas. Sebagai Negara penghasil sawit terbesar di dunia, selayaknyalah kita memberi perhatian terhadap produk utama dan hasil sampingnya agar dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin dengan cara yangbenar dan baik.

Semua informasi yang diuraikan di dalam buku ini bersumber dari hasil-hasil penelitian yang dilakukan di beberapa negara, terutama Indonesia, Malaysia dan Nigeria yang kita kenal sebagai negara utama penghasil sawit di dunia. Dari uraian yang disampaikan terlihat bahwa hampir semua hasil samping dari industri sawit, mulai dari pelepah, daun, serat perasan buah, lumpur sawit atau solid decanter dan bungkil inti sawit sudah diteliti dan dapat digunakan sebagai bahan pakan. Memang terdapat beberapa hal yang merupakan pembatas dalam penggunaan hasil samping tersebut. Namun, beberapa teknologi sudah dihasilkan untuk mengurangi kendala tersebut, sehingga hasil samping tersebut mempunyai nilai gizi yang lebih tinggi dan dapat digunakan sebagai bahan pakan.

Buku ini diharapkan bisa menjadi penuntun bagi pembaca dalam memanfaatkan hasil samping industri sawit sebagai bahan pakan ternak ruminansia maupun non-ruminansia. Dengan pemanfaatan hasil samping industri sawit yang merupakan produksi dalam negeri, diharapkan peternak dapat menekan biaya pakan yang terus meningkat dan meningkatkan keuntungan berusaha. Bagi peneliti atau perekayasa, buku ini diharapkan sebagai bahan acuan untuk untuk lebih memahami aspek-aspek yang berkaitan dengan hasil samping industry sawit agar dapat melahirkan inovasi.

Apresiasi disampaikan kepada tim penyusun yang telah berhasil menyelesaikan buku ini dengansebaik-baiknya. Semoga buku ini dapat bermanfaat serta dapat dijadikan acuan untuk implementasi kebijakan lebih lanjut

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian
Dr. Ir. Haryono, MSc

Cover : Download (464 Kb) - File fulltext : Download (3.058 Kb)

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek