Bogor, 21-Jul-2018       English Version


Puji syukur kami panjatkan ke hadirat Allah SWT atas segala Hidayah dan InayahNya, dengan diselesaikannya petunjuk teknis "Pemanfaatan Lumpur Sawit / Solid ex-decanter sebagai Bahan Pakan Ruminansia". Petunjuk teknis ini disusun untuk memberikan informasi kepada para pelaku usaha dan pemerhati peternakan khususnya ternak ruminansia tentang potensi lumpur sawit / solid ex-decanter sebagai bahan pakan alternatif guna mendukung ketersediaan pakan nasional dalam rangka menuju swasembada daging tahun 2014.

Lumpur sawit / solid ex-decanter merupakan limbah dari industri pengolahan kelapa sawit yang ketersediannya cukup berlimpah dan masih belum dimanfaatkan secara optimal serta masih belum punya nilai ekonomis berbeda dengan limbah kelapa sawit lainnya seperti bungkil inti sawit. Beberapa kajian menunjukkan selain memiliki potensi kuantitas, lumpur sawit / solid ex-decanter juga mempunyai potensi kualitas nutrisi yang cukup baik, walaupun ada beberapa kendala yang masih dapat diatasi melalui teknologi prosesing.

Mudah-mudah pentunjuk teknis yang sederhana ini bermanfaat bagi peternak khususnya dan semua pelaku peternakan pada umumnya.

File fulltext : Download (1.673 Kb)

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN