Bogor, 29-04-2017


Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) merupakan lembaga penelitian membawahi berbagai unit pelaksana teknis yang banyak menggunakan hewan coba dalam penelitian, pengembangan dan pengkajian di bidang pertanian, peternakan, dan veteriner.  Balitbangtan mempunyai peran penting dan bertanggung jawab mengawasi penggunaan hewan coba dalam penelitian agar sesuai dengan standar internasional dengan membentuk Komisi Kesejahteraan Hewan Balitbangtan (KKHB). Komisi tersebut berfungsi melakukan reviu dan memberikan persetujuan penggunaan hewan coba dalam penelitian berdasarkan Petunjuk Teknis Perawatan dan Penggunaan Ruminansia Sebagai Hewan Coba.

Petunjuk teknis ini merupakan panduan dalam penggunaan ternak ruminansia sebagai hewan coba untuk penelitian lingkup Balitbangtan yang berfungsi membantu peneliti dalam memperlakukan ternak ruminansia sesuai dengan standar perawatan hewan dan kesejahteraan hewan yang berlaku. Petunjuk teknis ini bertujuan agar (i). pemakaian ternak ruminansia sebagai hewan coba tidak menyalahi kesejahteraan hewan itu sendiri, (ii) memenuhi persyaratan kesejahteraan hewan pada kegiatan penelitian.

Kami berharap petunjuk teknis ini dapat digunakan sebagai acuan dalam pelaksanaan penggunaan ternak ruminansia sebagai hewan coba dalam penelitian.

Selengkapnya (file Download)