Bogor, 22-Feb-2018       English Version


Pengembangan usaha Ayam Kampung Unggul Balitbangtan (KUB) sangat prospektif yang dipicu dengan semakin maaknya wisata kuliner berbasis Ayam Kampung. Makanan khas Lombok “Ayam Taliwang” misalnya, memerlukan pasokan Ayam Kampung sebesar 15-16 ribu ekor/hari. Hal ini diduga akan terus meningkat seiring dengan dicanangkannya Pulau Lombok sebagai salah satu destinasi wisata halal dalam World Halal Travel Award 2015 di Abu Dhabi.

Inovasi Ayam KUB terus dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian untuk memenuhi kebutuhan pasar terhadap Ayam Kampung. Kegiatan penelitian harus dilakukan secara efektif, dimana kelayakan ekonomik dari inovasi Ayam KUB harus dilakukan. Hal ini diperlukan untuk menganalisis sejauh mana  usaha dapat memberikan keuntungan yang layaknya sehingga usaha ini berkembang dan berkelanjutan serta kemungkinan akan mempengaruhi pasokan dan permintaan terhadap teknologi baru.

Mempertimbangkan peluang penelitian dan pengembangan inovasi Ayam KUB yang prospektif, Tim Antisipatif dan Responsif Kebijakan Peternakan dan Veteriner (KAR-KSPV), Puslitbangnak menginisiasi untuk melakukan kajian “Kelayakan Ekonomik Inovasi Ayam KUB dan Peluang Pengembangan”. Hal ini dilakukan melalui telaahan parameter teknis dan ekonomik di Balai Penelitian Ternak dan Provinsi Nusa Tenggara Barat yang dianggap berhasil dalam pengembangan Ayam KUB. Kegiatan ini dilakukan melalui beberapa tahapan kegiatan, seperti observasi langsung di Balai Penelitian Ternak dan di beberapa farm pelaku usaha pembibitan dan penetasan serta pembesaran Ayam KUB di NTB. Suatu diskusi dengan menghadirkan pelaku usaha Ayam KUB di NTB dilakukan sebelum melaksanan observasi di lapang.

Selengkapnya. (download) :

 

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek