Bogor, 21-11-2017       English Version


Tahun 2107

Kode Judul Kegiatan /
Penanggung Jawab
Status Tahun
Mulai
Tahun
Akhir
0564.2015.001 Pengelolaan Ketatausahaan Dan Rumah Tangga Perkantoran
Ir. Junjungan, M.P.
Lanjutan
2015
2019
Justifikasi Bahwa untuk mendukung kegiatan penelitian dibutuhkan kegiatan, pendukung berupa anggaran, sistim administrasi , sumberdaya manusia dan sistim koordinasi yang baik termasuk sehinggu tupoksi dan target kegiatan penelitian dapat tercapai.
Keluaran
s.d 2016
•Laporan Pelaksanaan ISO 9001:2008
•Laporan kegiatan Sistem Pengendalian Intern (SPI) (1 laporan).
•Laporan Keuangan Satker
•Layanan kegiatan tatausaha (12 bulan layanan)
•Laporan kinerja instansi
•Laporan Tahunan
•Laporan Keuangan
Keluaran
2017
•Laporan Pelaksanaan ISO 9001:2008
•Laporan kegiatan Sistem Pengendalian Intern (SPI) (1 laporan).
•Laporan Keuangan Satker
•Layanan kegiatan tatausaha (12 bulan layanan)
•Laporan kinerja instansi
•Laporan Tahunan.
Laporan Keuangan
Keluaran
Akhir
• Laporan Hasil Kegiatan Manajemen Ketatausahaan.
0564.2015.008 Pembentukan Bibit Kambing Potong Unggul Boerka dan Peningkatan Produktivitas Melalui Teknologi Reproduksi
Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si.
Lanjutan
2015
2019
Justifikasi Peningkatan produktivitas kambing Lokal dapat dilakukan melalui perbaikan lingkungan (mutu pakan dan tatalaksana) serta perbaikan mutu genetik. Peningkatan mutu genetik diwariskan pada turunannya dan dilakukan melalui program perkawinan silang (persilangan) dan seleksi.
Kawin silang adalah suatu proses yang mengatur atau membatasi cara-cara perkawinan tetua suatu populasi tertentu. Akibat langsung dari proses ini adalah peningkatan heterozigositas. Untuk sifat-sifat yang terutama ditentukan oleh variasi genetik yang bersifat penambahan, kawin silang berarti memasukkan gabungan gen-gen yang baru atau peningkatan frekuensi gen yang mempengaruhi produksi (Warwick dan Legates, 1979). Pada ternak kambing yang diharapkan dari hasil persilangan adalah kecepatan pertumbuhan yang tinggi sehingga mencapai bobot potong muda yang cukup tinggi, kualitas karkas yang baik dan penggunaan pakan yang efisien serta daya adaptasi dengan lingkungan yang cukup baik.
Faktor internal produktivitas ternak secara umum dipengaruhi pula oleh faktor eksternal, dalam hal ini lingkungan dimana ternak tersebut hidup yang berhubungan langsung dengan kelembaban dan suhu lingkungan.
Keluaran
s.d 2016
1. Informasi kinerja produksi dan reproduksi Kambing hasil persilangan kambing Boer dan kacang (Boerka) pada stasiun percobaan dan petani dataran tinggi dan rendah.
2. Kambing potong unggul (Boerka) F2 hasil seleksi sejumlah 150 ekor betina dan 20 ekor jantan
3. Informasi kinerja produksi Kambing kambing Boer Indonesia
4. Kambing Boer hasil seleksi
5. Karya tulis ilmiah sejumlah 3 tulisan yang akan dipublikasi di prosiding/jurnal nasional terakreditasi.
Keluaran
2017
1.Kinerja produksi Kambing hasil persilangan kambing Boer dan kacang pada stasiun percobaan.
2.Kambing potong unggul Boerka hasil seleksi
3.Kinerja produksi dan reproduksi Kambing Boer di dataran rendah beriklim basah.
4.Kambing Boer hasil seleksi.
5.Karya tulis ilmiah sejumlah 4 tulisan yang akan dipublikasi di prosiding/jurnal nasional terakreditasi.
Keluaran
Akhir
1.Kambing hasil seleksi untuk bibit Induk : Kacang 120 ekor; F1 Boerka 182 ekor: F2Boerka 161 ekor; F3 Boerka 28 ek. Anak betina lepas sapih terseleksi : Kacang 11 ek;F1 Boerka 11ek; F2 Boerka 34 ek, F3 Boerka 26.
2.Kambing Boer terseleksi sebanyak 20 ekor induk dan 8 ekor pejantan dengan bobot sapih 22 kg.
0564.2015.011 Sumber Daya Genetik Kambing
Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si.
Lanjutan
2015
2019
Justifikasi Sumberdaya genetik plasma nutfah merupakan substansi yang terdapat dalam setiap kelompok makhluk hidup yang merupakan sumber sifat keturunan, yang dapat dirakit untuk menciptakan spesies/galur unggul baru. Dengan demikian plasma nutfah merupakan bahan mentah untuk merakit rumpun/galur unggul yang sangat penting dalam penyediaan pangan.
Agar plasma nutfah ternak lokal dapat dikembangkan dan memberikan peranan aktif dalam usaha tani perlu dipertimbangkan karakter agribisnis yang dipersyaratkan antara lain, dapat berorientasi pada permintaan pasar, mempunyai daya saing yang tinggi dan mampu meningkatkan produksi untuk menutupi kebutuhan secara nasional.
Untuk mencapai sasaran penelitian, maka penelitian ini dilakukan berupa Koleksi dan Karakterisasi Plasma Nutfah Kambing Lokal Indonesia Secara Ek-Situ di Loka Penelitian Kambing Potong. Kegiatan ini dilaksanakan di Stasiun Percobaan Loka Penelitian Kambing Potong dengan populasi awal kambing Kosta, Gembrong, kacang. Pemeliharaan ternak dilakukan secara intensif dalam kandang, dimana untuk kambing pejantan ditempatkan secara terpisah dengan kambing induk. Perkawinan dilakukan dengan cara Inseminasi buatan (IB). Perkawinan dilakukan menggunakan sperma pejantan breed yang sama. Pemberian sumber bahan makanan dalam bentuk konsentrat berupa pakan komplit sebanyak 600-700 gram per ekor per hari. Sedangkan hijauan pakan rumput dalam bentuk potong angkut dengan jumlah pemberian berkisar antara 4-5 kg segar per ekor per hari. Setelah pemberian hijauan pakan pada siang hari dilakukan penggembalaan agar kebutuhan pakan lebih terjamin. Pemberian air diberikan secara ad libitum.
Penimbangan pencatatan data ternak meliputi; bobot melahirkan, bobot lahir, bobot sapih, pertambahan bobot hidup harian (pbhh), litter size dan mortalitas. Pengukuran Karakteristik morfologik tubuh juga dilakukan berdasarkan kelompok umur kambing yang meliputi sifat kuantitatif menurut petunjuk. Blain., (1992). Seluruh data yang dikumpulkan berdasarkan performa ukuran tubuh akan ditabulasi secara uji rata-rata berdasarkan T-Test. Demikian halnya terhadap pengukuran sebaran warna tubuh melalui pengelompokan warna yang dijumpai mulai dari warna dominan polos hingga belang campuran sesuai dengan petunjuk Blain., (1992). Seluruh pengelompokan sebaran warna akan ditabulasi secara deskriptif.
Keluaran
s.d 2016
1.Tersedianya bibit kambing Kosta, Gembrong dan Muara guna menghindari dari tingkat kepunahan.
2.Data potensi genetik kambing Spesifik lokal Samosir terseleksi serta pelepasan dan penetapan genetik/veriatas baru kambing lokal yang merupakan kekayaan sumber daya genetik nasional. Hasil penelitian merupakan bahan untuk JITV.
Keluaran
2017
1. Informasi keragaan penotypik dan karakterisasi performa produktivitas (genotypik) kambing spesifik lokal Madina secara in-situ tahap awal (bobot lahir, sapih, pasca sapih dan litter size)
2. Informasi karakteristik plasmanutfah kambing lokal secara eksitu (kambing Kosta, Gembrong, Muara dan Samosir) serta pemurnian genetik
Keluaran
Akhir
1. Informasi penotypik dan karakteristik produktivitas (genotypik) kambing spesifik lokal Madina Sumatera Utara secara in-situ sebagai database plasma nutfah kambing nasional.
2.Informasi analisis DNA darah jarak genetik terhadap Plasmanutfah kambing Indonesia
3.Populasi plasma nutfah kambing Kosta, Gemrong, Muara, Samosir meningkat
4.Karya tulis ilmiah sejumlah 3 tulisan yang akan dipublikasi di prosiding/jurnal nasional/international terakreditasi.
0564.2015.013 Program Perencanaan, Monitoring Dan Evaluasi Kegiatan
Antonius, S.Pt., M.Si.
Lanjutan
2015
2019
Justifikasi Salah satu indikator keberhasilan kegiatan program penelitian pada setiap satuan kerja (satker) diperlukan perencanaan penelitian dan administrasi sesuai dengan visi dan misi maupun renstra Loka Penelitian Kambing Potong dengan mengacu pada renstra Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan dan Badan Litbang Pertanian serta Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Kementerian Pertanian. Dalam penyusunan program tersebut diperlukan perencanaan program, perhitungan anggaran dan monev (monitoring dan evaluasi) kegiatan sesuai dengan kebutuhan satker pada masing-masing kegiatan penelitian maupun administrasi perkantoran. Guna menjamin pelaksanaan kegiatan dalam satker dapat berlangsung secara terpadu, efisien dan akuntabel maka perlu dilaksanakan kegiatan yang bertujuan untuk memonitor perkembangan kegiatan per satuan waktu.
Keluaran
s.d 2016
1. Laporan Penyusunan Program dan Anggaran meliputi: ringkasan Matriks, RKA-K/L / DIPA,
ringkasan proposal (RPTP / RDHP / RKTM), dan koordinasi Program (1 Laporan).
2. Laporan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Penelitian (Bulanan, Triwulan dan Tahunan)
Loka Penelitian Kambing Potong TA. 2016 (1 Laporan).
Keluaran
2017
1. Laporan Penyusunan Program dan Anggaran meliputi: ringkasan Matriks, RKA-K/L / DIPA, ringkasan proposal (RPTP / RDHP / RKTM), dan koordinasi Program (1 Laporan).
2. Laporan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Penelitian (Bulanan, Triwulan dan Tahunan) Loka Penelitian Kambing Potong TA. 2015 (1 Laporan).
3. Laporan Akreditasi Laboratorium
Keluaran
Akhir
1. Laporan Penyusunan Program dan Anggaran meliputi: ringkasan Matriks, RKA-K/L / DIPA, ringkasan proposal (RPTP / RDHP / RKTM), dan koordinasi Program (1 Laporan).
2. Laporan Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Penelitian (Bulanan, Triwulan dan Tahunan) Loka Penelitian Kambing Potong TA. 2016 (1 Laporan).
0564.2015.015 Pembayaran Gaji dan Tunjangan
Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si.
Lanjutan
2015
2019
Justifikasi Dengan adanya kegiatan-kegiatan dalam kelompok administrasi umum yang bersifat pemberian pelayanan; memfasilitasi keperluan kegiatan; dan penciptaan suasana dan keadaan yang konduksif serta penyedian peralatan dan sarana yang dibutuhkan akan memberikan dukungan yang kuat untuk pelaksanaan kegiatan penelitian dan pengembangan peternakan dan pelaksanaan tupoksi yang menjadi tanggung jawab bidang / bagian.
Keluaran
s.d 2016
Pembayaran Gaji dan Tunjangan Meliputi :
a. Belanja Gaji Pokok PNS;
b. Belanja Pembulatan Gaji PNS;
c. Belanja Tunjangan Suami/Istri PNS;
d. Belanja Tunjangan Anak PNS;
e. Belanja Tunjangan Struktural PNS;
f. Belanja Tunjangan Fungsional PNS;
g. Belanja Tunjangan PPh PNS;
h. Belanja Tunjangan Beras PNS;
i. Belanja Uang Makan PNS;
j. Belanja Tunjangan Umum PNS;
k. Belanja Uang Lembur;
Keluaran
2017
Pembayaran Gaji dan Tunjangan yang meliputi:
a. Belanja Gaji Pokok PNS;
b. Belanja Pembulatan Gaji PNS;
c. Belanja Tunjangan Suami/Istri PNS;
d. Belanja Tunjangan Anak PNS;
e. Belanja Tunjangan Struktural PNS;
f. Belanja Tunjangan Fungsional PNS;
g. Belanja Tunjangan PPh PNS;
h. Belanja Tunjangan Beras PNS;
i. Belanja Uang Makan PNS;
j. Belanja Tunjangan Umum PNS;
k. Belanja Uang Lembur;
Keluaran
Akhir
Keluaran jangka panjang yang diharapkan adalah terlaksananya pembayaran gaji. honorarium dan tunjangan akan berdampak terhadap meningkatnya kinerja pegawai dan kesejahteraannya
0564.2015.016 Penyelenggaraan Operasional dan Pemeliharaan Perkantoran
Ir. Junjungan, M.P.
Lanjutan
2015
2019
Justifikasi Dengan adanya kegiatan-kegiatan dalam kelompok administrasi umum yang bersifat pemberian pelayanan; memfasilitasi keperluan kegiatan; dan penciptaan suasana dan keadaan yang konduksip serta penyedian peralatan dan sarana yang dibutuhkan akan memberikan dukungan yang kuat untuk pelaksanaan kegiatan penelitian dan pelaksanaan tupoksi yang menjadi tanggung jawab urusan setiap atau per bagian
Keluaran
s.d 2016
Terpeliharanya dengan baik Lahan pengembalaan seluas 1800M2, kandang percobaan sebanyak 14 Unit, halaman gedung kantor seluas 2000 M2 dan gedung/ bangunan kantor seluas 580 M2. terawan semua peralatan dan mesin, kendaraan bermotor dalam kondisi siap digunakan, jaringan telpon, fak dan ineternet tersedia sepanjang tahun, listrik dapat dipergunakan seperlunya. dan tersedianya akomodasi rapat serta baju dinas sesuai dengan ketentuan.
Keluaran
2017
1. Terlaksananya Pemeliharaan Perkantoran dengan baik seperti mesin, perlatan dan gedung
2. Terlaksananya Langganan Daya dan Jasa. meliputi: Pengiriman surat dinas pos pusat; Langganan Listrik; Langganan Telepon; Langganan Air; dan Langganan Gas;
3. Terlaksannya Pelaksanaan Operasional Perkantoran.
Keluaran
Akhir
1. Terlaksananya Kegiatan tupoksi Loka Penelitian Kambing Potong dengan baik karena di dukung oleh sarana dan prasarana yang memadai; dan
2. Terlaksananya kegiatan pengadaan sarana dan prasarana yang sesuai dengan yang diinginkan dan berkualitas baik.
3. Terlaksananya dengan baik kegiatan Pengelolaan Administrasi dan Pelayanan Perkantoran. sehingga tugas dan fungsi Loka Penelitian Kambing Potong dapat terlaksana sesuai Tupoksinya.
4. Terlaksananya pengelolaan anggaran berdasarkan ketentuan dan peraturan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. serta peraturan lainnya yang tidak bertentangan dengan UU.
0564.2015.018 Peralatan dan Fasilitas Perkantoran
Hanry Ananda Rangkuti
Lanjutan
2015
2019
Justifikasi Dalam rangka untuk memperlancar dan menertibkan pelaksanaan tugas administrasi maupun terkait dengan kegiatan penelitian dan pengembangan di Puslitbang Peternakan diperlukan adanya sarana pendukung berupa ketersediaan jaringan internet yang memadai untuk mendukung kelancaran pelaksanaan kegiatan pada tahun berjalan.
serta agar terciptanya suasana kondusif dalam setiap mengirimkan laporan - laporan kegiatan.
Keluaran
s.d 2016
Tersedianya perangkat jaringan internet yang memadai untuk menunjang kinerja para pegawai dalam melaksanakan tugas tugas pokoknya.
Keluaran
2017
Tersedianya perangkat jaringan internet yang memadai untuk menunjang kinerja para pegawai dalam melaksanakan tugas tugas pokoknya.
Keluaran
Akhir
Tersedianya perangkat jaringan internet yang memadai untuk menunjang kinerja para pegawai dalam melaksanakan tugas tugas pokoknya.
0564.2016.015 Pendampingan dan Pengawalan Upsus Pajale, ATP, ASP dan Komoditas Utama Kementan
Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si.
Lanjutan
2016
2019
Justifikasi Pangan merupakan komoditas penting dan strategis bagi bangsa Indonesia, karena pangan adalah kebutuhan dasar manusia yang harus dipenuhi oleh pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama seperti diamanatkan oleh Undang Undang Nomor 7 tahun 1996 tentang pangan. Pemerintah menyelenggarakan pengaturan, pembinaan, pengendalian dan pengawasan, sementara masyarakat menyelenggarakan proses produksi dan penyediaan, perdagangan, distribusi serta berperan sebagai konsumen.
Dalam rangka menjamin ketahanan dan kemandirian pangan serta menghadapi era perdagangan bebas, Kementerian Pertanian mencanangkan beberapa program unggulan, diantaranya adalah Upaya Khusus Pencapaian Swasembada Berkelanjutan Padi, Jagung dan Kedele (UPSUS Pajale) serta Pembangunan Taman Teknologi Pertanian (TTP) dan Taman Science Pertanian (TSP). Secara umum, UPSUS Pajale bertujuan untuk meningkatkan produksi, sedangkan TSP dan TTP bertujuan untuk meningkatkan kapasitas SDM petani dan tingkat introduksi teknologi dalam system pertanian di Indonesia.
Program UPSUS Pajale dilakukan melalui berbagai kegiatan yang meliputi: pembangunan/perbaikan jaringan irigasi tersier (PJIT), optimasi lahan dan air, bantuan alat dan mesin pertanian pra/pasca panen, bantuan benih dan pupuk, Gerakan Penerapan Pengelolaan Tanaman Terpadu (GP-PTT), pengawalan dan pendampingan terpadu oleh penyuluh, perguruan tinggi (mahasiswa) dan TNI-AD.
Badan Litbang Pertanian mencanangkan Program Pengembangan Kawasan Terpadu Sentra Produksi Komoditas Unggulan yang Diintegrasikan dengan Model Pengembangan Taman Science Pertanian dan Taman Teknologi Pertanian. Komoditas unggulan yang menjadi prioritas adalah padi, jagung, dan kedelai, sehingga dilakukan upaya khusus (UPSUS) untuk pencapaian swasembada 3 komoditas ini. Peternakan merupakan komoditas yang tidak dapat terpisahkan dari program pengembangan kawasan pertanian terpadu ini. Oleh sebab itu, sebagai upaya untuk melakukan percepatan proses penyebaran teknologi yang telah dihasilkan kepada pengguna, Loka Penelitian Kambing Potong mengambil peranan dalam kegiatan Pengembangan Model Taman Science Pertanian dan Taman Teknologi Pertanian.
Loka Penelitian Kambing Potong pada TA 2016 mendapatkan mandat untuk melakukan pengawalan dan pendampingan kegiatan UPSUS Pajale di 3 Kabupaten di Provinsi Sumatera Utara, yaitu Kabupaten Tanah Karo, Langkat dan Dairi.
Keluaran
s.d 2016
1. Berkembangnya suatu konsep kawasan integrasi mendukung swasembada daging
2. Meningkatnya produksi dan produktivitas ternak sapi
3. Meningkatnya pendapatan petani dalam manajemen Agribisnis peternakan
Keluaran
2017
1.Meningkatnya luas tanaman, produksi dan produktivitas padi, jagung dan kedelai di Kab. Karo, Dairi dan Langkat Provinsi Sumatera Utara.
2.Terdiseminasikannya hasil-hasil penelitian di lokasi UPSUS, TSP dan TTP.
3.Terbentuknya model percontohan pertanian terpadu yang mengintegrasikan pertanian, peternakan, dan perikanan dalam satu siklus produksi
4.Meningkatnya kualitas sumberdaya manusia pertanian yang terampil dan mandiri dibidang agroteknologi dan agribisnis.
5.Terlaksananya pendampingan kegiatan UPSUS Pajale di Kab. Karo, Langkat dan Dairi
6.Terintroduksinya teknologi peternakan di lokasi TTP DAN TSP.
Keluaran
Akhir
1.Tercapainya Swasembada Pangan di Indonesia, khususnya untuk komoditas Padi, Jagung dan Kedelai
2.Meningkatnya kapasitas SDM dan pendapatan petani dalam manajemen Agribisnis peternakan berbasis penerapan teknologi tepat guna.
0564.2016.024 Manajemen kerjasama pendayagunaan hasil, jasa penelitian
Saddat Nasution, S.Pt., M.P.
Lanjutan
2016
2019
Justifikasi Ketersediaan data dan informasi mutakhir merupakan hal yang penting bagi penyusunan program komunikasi penelitian, penentu kebijakan dan pengguna lain akan kebutuhan data dan informasi yang mereka butuhkan, disamping menambah wawasan pengetahuan dalam pengembangan inovasi teknologi sesuai keperluan. Unit pelayanan jasa penelitian di Lolitkambing masih perlu ditingkatkan secara terus-menerus dan berkesinambungan kemampuannya dalam pengelolaan hasil-hasil penelitian, kerjasama hasil penelitian dan komersialisasi hasil penelitian.
Keluaran
s.d 2016
Laporan pengelolaan jasa penelitian dalam bentuk media cetak dan elektronik (3 laporan)
Keluaran
2017
Laporan pengelolaan jasa penelitian dalam bentuk media cetak dan elektronik (2 laporan)
yaitu; Pengelolaan website dan perpustakaan digital serta Pameran ekspose dan kerjasama hasil penelitian
Keluaran
Akhir
Laporan Hasil Kegiatan Manajemen kerjasama pendayagunaan hasil, jasa penelitian

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID