Bogor, 21-11-2017       English Version


Gorontalo - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman merasa optimis swasembada sapi segera terwujud. Hal inilah yang dirasa Amran saat melakukan kunjungan kerja pencanangan satu juta ekor sapi di kawasan utara-utara di Kabupaten Bone Bolango Provinsi Gorontalo. “Ini saja selesai, ini menyelesaikan persoalan Indonesia puluhan tahun. Satu juta ekor, itu satu juta yang kita impor (selama ini), artinya apa, 4 kabupaten yang menyelesaikan persoalan bangsa”, optimis Amran (30/10).

Empat kabupaten yang tergabung dalam Badan Karja Sama Utara-utara (BKSU) mencanangkan pengembangan sapi tersebut. Sejalan dengan hal tersebut, Kementan saat ini telah mengembangkan produksi sapi jenis Belgian Blue (BB) melalui inseminasi buatan. Sapi jenis ini sendiri bobotnya mampu mencapai 1,5 ton dalam waktu 2 tahun. Dengan kata lain, 1 ekor sapi jenis BB setara dengan 10 ekor sapi lokal, karena karkas sapi BB mencapai 73%, lebih tinggi dari sapi lokal.

Saat ini Kementerian Pertanian sendiri menargetkan mampu melahirkan sapi jenis belgian blue sedikitnya 500 ekor di tahun 2019. BKSU yang terdiri 4 kabupaten yakni Bone Bolango, Bolaang Mongondow Utara, Gorontalo Utara, dan Buol telah menyiapkan lahan yang terbilang luas untuk program pencanangan satu juta ekor sapi ini. Yang terbesar Kabupaten Buol menyediakan lahan seluas 3.000 hektare. Untuk kabupaten Bone Bolango, yang Bupati nya sekaligus menjadi Ketua BKSU telah menyiapkan total 6.000 ekor sapi untuk dikembangkan. “Ini ide luar biasa, (sapinya) dilarang berhubungan dengan sapi lokal, kita IB semua”, tutur Amran.

Sarana dan prasarana penunjang pun segera dibangun di wilayah tersebut. Melihat UPT yang saat ini telah aktif memproduksi sapi unggul, BPTU-HPT Padang Mangatas yang berada di Sumatera Barat, Amran ingin BKSU memiliki UPT seperti ini. BPTU-HPT Padang Mangatas sebelumnya sempat mendapat Apresiasi dari Menpan RB ketika berkunjung kesana. BPTU-HPT Padang Mangatas selama ini telah menyediakan bibit sapi potong unggul yang bersertifikat, selain itu juga menerapkan inovasi teknologi sapi potong.

Dalam diskusi dengan 4 Bupati yang termasuk dalam kawasan BKSU, Amran langsung meminta pejabat dibawah jajarannya untuk membangun UPT yang merujuk pada BPTU Padang Mangatas. Dengan potensi ini, Menteri Amran berharap program pencanangan 1 juta sapi mampu terwujud dalam 3 tahun.

 

Sumber: Kementerian Pertanian

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID