Bogor, 29-04-2017


Museum Rekor Indonesia (MURI) mencatatkan rekor teranyar kepada Kabupaten Bandung yang menerapkan program inseminasi buatan pada 574 ekor Sapi Indukan Wajib Bunting (SIWAB). Pemkab Bandung menyatakan bangga dengan torehan rekor tersebut.

“MURI mencatat pemecahan rekor ini merupakan salah satu kriteria superlatif yang melibatkan jumlah terbanyak di seluruh Indonesia,” kata Senior Manager MURI Awan Rahargo usai peresmian Showroom di Majalaya, Kabupaten Bandung, Jabar, Rabu (12/4/2017).

Inseminasi buatan 574 ekor sapi ini berlangsung serentak di empat kecamatan di Kabupaten Bandung terdiri Cilengkrang, Cikancung, Ciwidey dan Pangalengan. Menurut Awan, catatan baru ini memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang Kabupaten Jember yaitu 276 ekor SIWAB pada 2013.

“Kami sangat mengapresiasi capaian Pemkab Bandung yang setiap tahunnya selalu memecahkan rekor di berbagai bidang,” ucap Awan.

Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Bandung Tisna Umbara mengatakan pemecahan rekor tersebut telah melebihi target dari angka ditentukan. “Kenyataan di lapangan ada 574 ekor sapi SIWAB dilakukan inseminasi buatan dan melebihi target,” ujar Tisna.

Bupati Bandung Dadang M Naser menyambut positif kabar baik tersebut. Ia mengungkapkan, selama ini Pemkab Bandung sering meraih rekor MURI pada berbagai bidang. “Di bidang kebudayaan kami pernah menggelar Festival Karinding, bidang perkebunan Festival Stroberi, Festival Kopi dan juga Faestival Kuliner khas Kabupaten Bandung colenak dan lotek,” kata Dadang.

 

sumber: http://muri.org/inseminasi-buatan-pada-ternak-sapi-terbanyak-dalam-satu-hari/