Bogor, 09-Aug-2020


Hantavirus merupakan salah satu penyebab penyakit  zoonosis yang ditularkan oleh rodensia seperti tikus ke manusia dan dapat menyebabkan kematian..

Hantavirus menyebabkan penyakit Hantavirus Pulmonary Syndrome (HPS) dan Haemorrhagic Fever with Renal Syndrome (HFRS) pada manusia dengan tingkat kematian yang tinggi dan dapat ditemukan di banyak negara termasuk Indonesia, sehingga mendapat perhatian dunia.

Infeksi dapat terjadi  pada manusia melalui  gigitan atau kontak langsung dengan rodensia yang terinfeksi Hantavirus  seperti saliva, urin dan feses.

Indonesia termasuk negara yang beresiko terkena wabah Hantavirus , karena banyak spesies rodensia yang berpotensi sebagai reservoir Hantavirus  terdapat di Indonesia. Terlebih lagi adanaya perubahan iklim global dan   perubahan ekosisten menyebabkan, banyak penyakit zoonosis mencuat.

Untuk itu perlu dilakukan berbagai upaya pencegahan. Pencegahan dapat dilakukan dengan 2 cara yaitu preventif melalui vaksinasi dan pengobatan dengan obat antiviral.

Vaksin merupakan salah satu harapan untuk mencegah kejadian penyakit Hantavirus sehingga sampai saat ini terus dilakukan berbagai penelitian dan pengembangan untuk mendapatkan vaksin yang efektif. (REP)

Informasi lengkap : Wartazoa Vol (30) No.2 Tahun 2020