Bogor, 02-Jul-2020


Virgin coconut oil atau VCO adalah minyak kelapa murni yang dibuat dari bahan baku kelapa segar. Dari buah kelapa ini diambil minyaknya dan diproses dengan pemanasan terkendali tanpa bahan kimia.

VCO memiliki zat aktif yang berperan sebagai imunomodulator dan berfungsi sebagai antibakterial. Penggunaan VCO pada pakan ternak ruminansia karena mudah didegradasi di rumen.  

VCO mengandung asam lemak esensial yang dapat meningkatkan sistem imun tubuh yakni asam kaprilat, asam kaprat,  asam laurat, dan asam miristat.

Pakan ternak ruminansia dengan suplementasi VCO dapat meningkatkan imun tubuh sehingga dapat diaplikasikan untuk mencegah dan mengobati penyakit ternak.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas VCO dengan proteksi dan non-proteksi sebagai bahan suplemen pakan ternak ruminansia.

Ternak diberi empat macam ransum: R1 (kontro;: ransum basal+dedak padi),  R2  (ransum kontrol + 2% formaldehid), R3: (ransum kontrol + VCO), dan R4  ransum kontrol + VCO + 2% formaldehid). Masing-masing dengan 5 ulangan diinkubasikan selama 48 jam dengan sistem kecernaan in vitro pada fase rumen dan pasca rumen.

Berdasarkan hasil pengamatan diketahui bahwa ransum dengan penambahan 250 µL VCO yang diproteksi dengan 2% formaldehid pada R4 memperlihatkan hasil terbaik.  

Penelitian ini menyimpulkan, VCO yang diproteksi dengan 2% formaldehid mempunyai potensi untuk digunakan sebagai suplemen pakan tanpa menimbulkan efek negatif pada lingkungan rumen.(REP)

Informasi Lengkap: Prosiding Seminar Nasional Peternakan Dan Veteriner 2019