Bogor, 17-Nov-2018


Info Teknologi - Pertumbuhan dan perkembangan seekor ternak merupakan suatu proses yang dinamis dan sangat dipengaruhi oleh banyak faktor seperti faktor genetik, nutrisi, regulasi hormon, efisiensi metabolisme tubuh, respon kekebalan, status fisiologi ternak, lingkungan tempat ternak itu berada dan cara pemeliharaan serta ada tidaknya kejadian penyakit/parasit.

Selama pertumbuhan dan perkembangan ternak, ada banyak gen yang berperan untuk mengontrol beberapa sifat tertentu pada ternak tersebut, misalnya gen-gen pengontrol pertumbuhan dan karkas, gen-gen pengontrol reproduksi, gen-gen ketahanan penyakit.

Banyak penelitian yang telah  dilakukan tentang  gen-gen pembawa sifat yang memberikan nilai ekonomis seperti growth hormone (GH), insulin-like growth factor-1 (IGF-1), Pit-1, growth hormone receptor (GHR), myostatin (MSTN) dan lain-lain.  

Karakter pertumbuhan otot ganda pada ternak dipengaruhi oleh gen myostatin (MSTN). Gen myostatin adalah anggota dari superfamili gen pertumbuhan (Transforming Growth Factor/TGF-β) dan berfungsi menekan pertumbuhan otot.

Telah diidentifikasi adanya enam mutasi pada MSTN yang menyebabkan MSTN tidak aktif dan mencetuskan terjadinya pembesaran otot (hipertropi). Identifikasi gen myostatin dilakukan dengan teknik molekuler dan metode yang paling umum digunakan adalah metode PCR dan single-strand conformation polymorphism (PCR-SSCP).

Penelitian pada domba dan kambing di beberapa negara menunjukkan terdapat beberapa variasi pada gen myostatin tetapi diperlukan studi lebih lanjut untuk mencari korelasi antara variasi ini dengan pertambahan bobot badan dan parameter produksi penting lainnya.

Khusus untuk ternak kambing di Indonesia, mutasi myostatin yang menyebabkan hipertropi otot dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan sifat pertumbuhan pada pembibitan kambing untuk menghasilkan bibit unggul kambing potong baru dengan kualitas daging yang baik.

 

Info selengkapnya: WARTAZOA Vol. 27 No. 2 Th. 2017 Hlm. 89-94

 

 

loading...

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN