Bogor, 17-Nov-2018


Info Teknologi - Enzim sudah banyak digunakan untuk meningkatan efisiensi penggunaan ransum dalam industri peternakan.  Balai Penelitian Ternak sudah menghasilkan enzim BS4 yang dapat meningkatkan kecernaan gizi bahan pakan dan efisiensi penggunaan pakan (FCR) pada ayam ras.

Pada penelitian ini, dirancang untuk menguji efektivitas enzim BS4 yang ditambahkan ke dalam ransum ayam lokal KUB sedang tumbuh. Lokasi penelitian ini dilakukam di kandang percobaan ayam di Balitnak-Ciawi-Bogor.

Baca juga:  Pengaruh Enzim BS4 dalam meningkatkan fermentasi tongkol jagung secara in vitro

Dalam penelitian ini  dipakai  sebanyak 360  ekor  ayam  KUB  umur  sehari  tanpa  dibedakan  jenis  kelaminnya  (unsexed)  dibagi secara  acak  ke  dalam 15  kandang  (unit)  percobaan  berukuran panjang  284  cm dan lebar 146  cm  dengan  masing-masing  kandang diisi 24  ekor ayam.

Tiga perlakuan diberikan pada  ayam KUB   dengan pemberian enzim BS4  mulai umur sehari hingga 12 minggu. Ransum perlakuan diberikan ke-24 ekor ayam dengan lima ulangan yang dipelihara dalam kandang litter.  Selama penelitian, dilakukan pengamatan terhadap bobot badan pada umur 1, 6, 9 dan 12 minggu, konsumsi pakan, FCR dan mortalitas ayam. Data dianalisis secara statistik untuk mengetahui pengaruh perlakuan.

Hasil menunjukkan bahwa penambahan enzim BS4 secara statistik tidak nyata mempengaruhi mortalitas, konsumsi pakan dan bobot badan ayam KUB. Namun, suplementasi enzim BS4 dapat memperbaiki FCR secara keseluruhan, meskipun hanya nyata (P<0,05) secara statistik pada periode 0-9 minggu. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa suplementasi enzim BS4 dengan dosis 24 U/kg pakan cukup efektif untuk memperbaiki FCR pada ayam lokal KUB.

 

Info selengkapnya: http://medpub.litbang.pertanian.go.id/index.php/semnas-tpv/article/view/1702

loading...

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN