Bogor, 23-Jan-2021


Komisi IV DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Loka Penelitian Kambing Potong (Lolit Kapo), Deli Serdang Sumatera Utara, Selasa 15 Desember 2020. Kunjungan ini dimaksudkan untuk melihat lebih dekat rumput Stenotaphrum secundatum  var. Steno Agrinak yang baru saja dilepas Kementerian Pertanian (Kementan). Anggota Komisi IV DPR RI yang hadir dalam kunjungan ini adalah Ir. Mindo Sianipar, Ir. Effendi Sianipar, dan Ir. H. Abdullah Tuasikal, M.Si.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Lolit Kapo Dr. Fera Mahmilia, SPt, MP menyampaikan paparan mengenai profil singkat Lolit Kapo yang kemudian diikuti dengan arahan singkat dari Mindo Sianipar serta diakhiri dengan kunjungan ke kebun rumput Steno Agrinak dan kandang ternak.

Dalam sambutannya, Mindo Sianipar mendorong Lolit Kapo untuk sesegera mungkin mendiseminasikan tidak hanya teknis penggemukan atau pembesaran kambing tapi juga pakan ternaknya. Selain itu, dinyatakannya pula bahwa peternakan merupakan bagian dari kedaulatan pangan untuk itu hasil-hasil inovasi dari Lolit Kapo harus dapat diadaptasi hingga ke peternak. “Kita harus berfikir bagaimana cara meningkatkan kualitas kambing dengan teknologi kita, seperti teknologi crossing. Dan inovasi ini harus sampai ke kelompok-kelompok peternak. Jangan hanya sampai ke instansi pemerintah saja,” pintanya.

Mindo juga menyebutkan di masa pandemik Covid-19 seperti saat ini, salah satu pintu untuk pemulihan ekonomi bangsa adalah melalui desa. ”Karena itu saya minta inovasi Lolit Kapo harus dapat digunakan hingga kelompok peternak di desa sehingga bisa meningkatkan kondisi perekonomian,” tegasnya.

Di kesempatan yang sama, Abdullah Tuasikal dan Effendi Sianipar juga mengapresiasi Lolit Kapo dalam pemeliharaan kambing-kambing yang ada beserta kandangnya. “Kita lihat dari sisi kandangnya juga bersih, kotorannya tidak bau dan pemeliharaan kambingnya juga sangat terintegrasi. Pelayanan disini juga sangat baik dan dapat menguasai permasalahan-permasalahan yang ada,” ungkap Abdullah.

Stenotaphrum secundatum var. Steno Agrinak sendiri merupakan rumput yang tumbuh baik pada intensitas cahaya rendah atau toleran naungan. Sangat cepat berkembang dan tumbuh cepat. Hijauan Pakan Ternak (HPT) ini  dapat menjadi pilihan dalam pengembangan integrasi ternak dengan tanaman perkebunan seperti Karet/Kelapa sawit. (ICS/NH)