Bogor, 25-Nov-2020


Guna memastikan ketersediaan bibit unggul untuk program Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul, Tim Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan melakukan kunjungan di dua lokasi yakni BPTP Sumatera Utara serta Loka Penelitian dan Kambing Potong pada Jumat 13 November 2020.

Pada kesempatan tersebut, Tim Akselerasi Diseminasi berkesempatan berdiskusi dengan tim pengelola bibit dari kedua UPT terkait kesiapan bibit, rencana distribusi, dan pembelian bibit. Kegiatan pemantauan diawali dengan mengunjungi UPBS BPTP Sumut untuk memantau bibit pullet ayam KUB yang akan didistribusikan di lokasi sasaran diseminasi (BPTP Aceh dan Sekolah Sukma Bangsa Bireuen). Perwakilan dari BPTP Sumatera Utara yakni Kasie KSPP BPTP Sumut Mustafa Hutagalung, SP., MP beserta tim UPBS memastikan ketersediaan pullet ayam KUB. “Kami pastikan permintaan sebanyak 1.000 ekor pullet ayam KUB untuk dikirim ke Aceh pada minggu depan dapat terpenuhi” jelas Mustafa.

Selanjutnya tim mengunjungi Lolit Kambing Potong yang direncanakan akan mendistribusikan kambing Boerka ke BPTP Lampung dan Bogor. Tim melihat kandang pembibitan kambing Boerka bersama perwakilan dari Lolit Kambing Potong drh. Anwar. “Tim pelaksana dari Lolit Kapo menyiapkan bibit kambing Boerka sebanyak 20 ekor untuk dikirim ke Lampung dan 5 ekor ke Bogor. Pengiriman bibit kambing tersebut akan dilaksanakan pada pertengahan bulan November ini” ucap Anwar.

Tim Puslitbangnak akan memantau terus perkembangan dan kesiapan dari kedua UPBS yang ditunjuk untuk memastikan pendistribusian bibit unggul berjalan dengan baik. (GET/MIF)