Bogor, 25-Nov-2020


Dalam rangkaian kegiatan Kunjungan Kerja (Kunker) Komisi IV DPR RI ke Jawa Barat, Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan Dr. drh. Agus Susanto, M.Si. turut hadir mendampingi Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian Dr. Fadjry Djufry. Kunker Komisi IV DPR RI yang dipusatkan di Balai Penelitian Tanaman Sayuran (Balitsa) Lembang ini dikomandani oleh Wakil Ketua Komisi IV H. Dedi Mulyadi, S.H. yang hadir bersama 19 anggotanya.

Rangkaian Kunker yang dilaksanakan tanggal 14-15 Oktober 2020 ini antara lain mendengarkan pemaparan kinerja empat Satuan Kerja (Satker) Kementerian Pertanian, yaitu Balai Penerapan Teknologi Pertanian (BPTP) Jawa Barat, Balitsa, Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang dan Balai Inseminasi Buatan (BIB) Lembang.

Pada acara ini, masing-masing satker memaparkan profil dan kegiatan kerja yang dilakukan serta capaiannya. Presentasi ini dimoderatori langsung oleh Wakil Ketua Komisi IV yang didampingi oleh Kepala Balitbangtan. Dalam sesi inipun peserta berkesempatan untuk berdialog dengan para anggota DPR RI lainnya.

Pada kesempatan tersebut Kepala Balitbangtan dalam sambutannya menyampaikan selamat datang dan apresiasinya atas kunjungan Komisi IV DPR RI. "Saya ucapkan terima kasih dan selamat datang untuk Komisi IV DPR RI di Lembang Jawa Barat, dan inilah 4 UPT Kementerian Pertanian yang ada di Lembang,” ujarnya.

Sementara itu Dedi Mulyadi dalam sambutannya mengharapkan komitmen dari Balitbangtan terhadap sektor pertanian terutama dalam penyediaan benih dan bibit unggul. "Kita harapkan bahwa Balitbangtan berkomitmen untuk menyediakan benih/bibit unggul yang nantinya akan didiseminasikan kepada masyarakat," harapnya.

Dedi pun mendorong Kementan untuk terus aktif menjalin kerja sama antar pihak dalam mencari solusi bidang pertanian terutama saat keadaan pandemik Covid-19 ini. Pria yang akrab dipanggil Kang Dedi tersebut memusatkan perhatiannya pada nasib buruh tanam dan angkut yang bekerja di sektor pertanian yang terdampak situasi saat ini. "Para buruh di sektor pertanian harus segera diperhatikan, harus segera dicari solusinya," tutur Dedi. 

Selain mengunjungi Balitsa, rombongan Komisi IV juga mengunjungi UPTD Balai Pengujian Mutu dan Keamanan Pakan/Bahan Pakan Lembang, Taman Wisata Alam Gunung Tangkuban Parahu (KLHK), Kelompok Budidaya Ikan Desa Cijambe (KKP), Balai Benih Ikan Tanjung Wangi (KKP) serta Gudang Bulog Subang. (MIF/NH)