Print
Category: Info Aktual
Hits: 114

Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. drh. Agus Susanto, M.Si., melakukan kunjungan kerja ke Kebun Percobaan (KP) Paseh, Subang pada Sabtu, 26 September 2020. Kunjungan kerja ini bertujuan untuk meninjau KP Paseh yang direncanakan akan dikembangkan menjadi ranch sapi potong. Selain itu, kunjungan ini juga sebagai upaya untuk pembebasan lahan KP dari okupasi masyarakat.

KP Paseh yang berada dibawah pengelolaan Balai Penelitian Ternak (Balitnak) berlokasi di Desa Dangdeur, Subang. KP ini memiliki areal seluas 38,3 hektar, sedang lahan yang dikelola saat ini masih sekitar 1,5 hektar. Pada lokasi kebun percobaan ini telah dibangun kantor, rumah kaca, kandang domba dan kambing, serta rumah dinas. Sisanya ditanami rumput pakan ternak seperti rumput raja, odot, dan gajah mini. Sedangkan jenis legum terdapat indigofera, gamal dan trikantera.

Pemanfaatan KP Paseh yang cukup luas ini belum optimal, karena sebagian besar lahan dikuasai penggarap yang merupakan masyarakat sekitar. Kendala keamanan dan kenyamanan kerja KP Subang mengalami gangguan dari oknum-oknum tidak bertanggung jawab.

Sebagai upaya tindakan pengamanan aset negara, KP Paseh akan dijadikan padang penggembalaan berupa ranch sapi. Dengan demikian KP Paseh dapat dimanfaatkan secara maksimal, baik untuk kegiatan penelitian maupun kegiatan lainnya seperti wisata edukasi. Kegiatan di KP Paseh terkait ranch sapi ini akan melibatkan lahan KP Subang yang dikelola oleh Balai Penelitian Tanaman Buah Tropika (Balitbu), Puslitbang Hortikultura.

Dalam kunjungan kerja ini Kapuslitbangnak didampingi oleh Kepala Bagian Tata Usaha Puslitbangnak Ir. Narta, M.Si. Peninjauan ini juga dihadiri oleh plt. Inspektur Jenderal Kementan Dr. Gatot Irianto, Sekretaris Balitbangtan Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA, Sekretaris Direktorat Prasarana dan Sarana Pertanian Gunawan, SP, M.Si., plt. Kepala Bagian Umum Sekretariat Balitbangtan Drs. Edy Sugiyanto, Kepala Bidang Program dan Evaluasi Puslitbang Hortikultura Dr. Waryat. Turut hadir Kolonel Suwondo dari TNI dan Kapten Harno dari Yonif 312/Kala Hitam Subang. (ICS/AS/NH)