Bogor, 01-Oct-2020


Tim Monitoring dan Evaluasi Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) melaksanakan kegiatan monitoring sekaligus evaluasi tahap I kegiatan penelitian dan diseminasi Balai Penelitian Ternak (Balitnak) secara daring pada Kamis, 10 September 2020. Sebanyak tujuh kegiatan penelitian dan lima kegiatan diseminasi Balitnak dievaluasi oleh Tim Evaluator yang dipimpin oleh Dr. Bess Tiesnamurti dan didampingi oleh Dr. Endang Romjali dan drh. Iif Syarifah Munawaroh, MS. Dalam pelaksanaannya, masing-masing penanggung jawab kegiatan melakukan presentasi hasil capaian kegiatannya dihadapan Tim Evaluator.

Kegiatan penelitian Balitnak antara lain pembentukan F1 kambing perah SaanPE, galur Domba Komposit Sumatera versi 2, seleksi ayam lokal unggul KUB-2, seleksi ayam lokal pedaging unggul Sensi-1 dan Gaok untuk memperbaiki telur. Selain itu, penelitian terkait seleksi itik Alabio, itik Mojosari, calon bibit tetua Serati maupun galur kelinci serta tanaman pakan juga tak luput dari monev Tim Evaluator.

Seperti dijelaskan oleh Iif, tujuan kegiatan monev ini adalah untuk melakukan pengendalian risiko kegiatan penelitian dan diseminasi yang dilakukan oleh UPT lingkup Puslitbangnak. Hal ini sebagai upaya untuk memastikan realisasi output dan anggarannya tercapaui sesuai dengan target. “Diharapkan monev ini dapat berjalan dengan baik sehingga titik-titik kritis dari permasalahan dapat  segera ditindaklanjuti. Dengan demikian faktor penghambat dapat segera teratasi dengan baik,” ungkap Iif.

Sebelumnya kegiatan monev kegiatan tahap I ini telah dilakukan di Puslitbangnak pada 1 September 2020 dan Balai Besar Penelitian Veteriner pada 7 September yang lalu. Sementara untuk Loka Penelitian Sapi Potong dan Loka Penelitian Kambing Potong monev secara daring ini akan dilaksanakan pada tanggal 14 dan 17 September 2020. Selain Dr. Bess dan Dr. Endang, Tim Evaluator lainnya adalah Prof. Ismeth Inounu, Dr. Elizabeth Wina, Dr. Wisri Puastuti dan drh. Indrawati Sendow, MS. (REP/NH)