Bogor, 01-Oct-2020


Kementerian Pertanian melalui Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian c.q Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) menyerahkan bantuan ternak bagi kelompok tani di Bogor pada 8 September 2020. Penyerahan bantuan ternak ini dalam rangka program "Akselerasi Diseminasi Bibit Unggul Ternak".

Bantuan yang diberikan pada 8 September ini berupa ternak kambing Boerka berjumlah 40 ekor dan ayam KUB / Sensi sejumlah 2000 ekor. Kambing Boerka didatangkan langsung dari Loka Penelitian Kambing Potong di Sei Putih, sementara ayam didatangkan dari PT Sumber Unggas Indonesia.

Kambing Boerka diberikan untuk dua Kelompok Ternak Dewasa (KTD) yakni KTD Pamoyanan dan KTD Mandiri dengan masing-masing mendapatkan 2 ekor jantan dan 18 ekor betina. Sementara itu  untuk bantuan ayam diberikan kepada 4 kelompok diantaranya KWT Tulip, KTD Mandiri Sejahtera, KTD Bina Sejahtera dan KTD Tani Maju.

Selain menerima bantuan ternak, kelompok tani juga mendapatkan bantuan pakan, sarana dan prasarana serta vaksin, obat-obatan dan vitamin. Seiring berjalannya program bantuan ini, kelompok tani akan selalu didampingi dan diberikan pengarahan terkait pemeliharaan ternak unggul tersebut.

Pada kesempatan penyerahan bantuan ini, hadir Kepala Puslitbangnak Dr. Agus Susanto yang memberikan pesan serta harapan untuk kelompok tani yang mendapat bantuan ternak ini agar dapat menjaga dan memelihara sepenuh hati ternak yang diberikan. “Saya berharap ternak-ternakyang diberikan tersebut dapat berkembang dan maju sehingga usaha ternak ini dapat berkelanjutan,” ungkapnya.

Hal ini senada dengan harapan dan kesan dari masing-masing kelompok ternak yang menyampaikan rasa syukur atas bantuan yang diberikan dan akan memelihara ternak tersebut dengan baik dan belajar bersama agar dapat berkembang.

Kegiatan bantuan ternak tersebut dalam rangka melaksanakani Program Akselerasi Pemanfaatan Inovasi Teknologi dan Perbanyakan Produksi Benih/Bibi yang  merupakan salah satu Program Utama Kementerian Pertanian. (MIF)