Bogor, 01-Oct-2020


Kegiatan Kerjasama ACIAR Indobeef untuk Crop-Cow yang dimulai 2019. Secara umum kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pasokan daging sapi dari petani rakyat dengan sistem integrasi tanaman pangan-ternak untuk memenuhi pertumbuhan permintaan pasar domestik.

Kegiatan ini melibatkan  peneliti dari berbagai institusi di Indonesia (Puslitbangnak, Lolit Sapi Potong Grati, BPTP NTB, BPTP Kalsel, Universitas Mataram dan Universitas Lambung Mangkurat (dari Indonesia). dan  Australia  ACIAR dan University of New England. Puslitbangnak sebagai payung dari Kerjasama ini berperan dalam melakukan monitoring dan supervisi untuk mendukung pencapaian output kegiatan.

Tim ACIAR Puslitbangnak yang terdiri dari Dr. Atien Priyanti; dan Dr. IGAP Mahendri telah melaksanakan Monitoring dan Supervisi di Loka Penelitian Sapi Potong pada tanggal 3-4 September 2020. Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan evaluasi hasil kegiatan ACIAR Crop-Cow tanggal 14 Agustus 2020 yang lalu. Bahwa Puslitbangnak akan melakukan Monitoring dan Supervisi ke lokasi penelitian untuk mendiskusikan kegiatan yang masih dilaksanakan hingga bulan Desember 2020.

Pertemuan dihadiri oleh seluruh staff di Lolitsapi baik dari peneliti maupun tenaga administrasi. Kepala Puslitbangnak dalam arahan yang disampaikan secara virtual menyampaikan, kerjasama penelitian antara Puslitbangnak dengan ACIAR ini menunjukkan bahwa kita memiliki kemampuan untuk berkolaborasi, sehingga efisiensi kinerja dapat tercapai. Adanya teknologi, komunikasi jarak jauh tidak menjadi masalah sehingga kolaborasi tersebut tentunya tidak mengalami masalah.

Selain itu disampaikan juga apresiasi kegiatan kerjasama ACIAR, dan mengharapkan kolaborasi bisa lebih ditingkatkan tidak hanya dengan ACIAR, termasuk juga kolaborasi dengan instansi lain (PEMDA dll) sehingga efisiensi kinerja lebih tercapai. Diharapkan kegiatan Crop-Cow ini bisa memberikan jawaban atas permasalahan sapi di Indonesia yang masih kekurangan produksi daging sapi nasional mencapai 1,41 juta ekor.

Dalam pertemuan monitoring dan supervisi intensif antara tim dari Puslitbangnak dengan penanggung jawab dan peneliti yang terlibat dalam kegiatan Crop-Cow di Lolitsapi. Disampaikan bahwa Project leader tidak hanya mengkoordinir kegiatan yang ada di Lolitsapi tetapi juga seluruh kegiatan Crop-Cow yang dilaksanakan sesuai dengan MSA yakni di Kalsel dan NTB. Masing-masing objective memiliki beberapa kegiatan, untuk menghasilkan output per output.  

Kunjungan lapang dilaksanakan pada tanggal 4 September 2020 di Kabupaten Probolinggo untuk melihat lokasi penelitian sekaligus mengidentifikasi responden yang akan dilibatkan dalam survei penggunaan Indigofera sp.

Sebagai tindak lanjut dalam pertemuan ini adalah agar segera melakukan survei sesuai dengan tentative jadual dengan melibatkan tim Puslitbangnak dan tenaga teknisi.  (REP/IGAPM)