Bogor, 22-Aug-2018       English Version


Sekretaris Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) Dr. Ir. Muhammad Prama Yufdi, MSc., melauncing Project Indobeef di Lombok pada hari Senin tanggal 30 Januari 2018 yang lalu. Project ini merupakan kerjasama penelitian antara ACIAR dan Balitbangtan. Launching dihadiri oleh Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) Dr. Ir. Atien Priyanti, MSc, perwakilan DFAT Australia di Indonesia Ms. Naomi Cook, dan Dr. Peter Horne dari ACIAR, para project leader, serta anggota tim peneliti yang terlibat.

Launching Indobeef Project 30 Januari 2018

 Project Indobeef yang diberi judul “Improving smallholder beef supply and  livelihoods through palm-cattle and crop-cattle system integration in Indonesia”, merupakan bagian dari program penelitian DFAT yang bertujuan untuk meningkatkan suplai daging sapi dan kesejahteraan peternak skala kecil dan semua pelaku usaha peternakan di Indonesia. Project Indobeef terdiri dari dua kegiatan utama yaitu : Improving smallholder beef supply and livelihoods through palm-cattle system integration  in Indonesia (Palm-Cow project) dan Improving smallholder beef supply and livelihoods through crop-cattle system integration  in Indonesia (Crop-Cow project). Project leaders dari Palm-Cow project adalah Adjunct Prof. John Ackerman dan Dr. Ir. Yeni Widiawati (Peneliti Balai Penelitian Ternak). Sedangkan project leaders dari Crop-Cow project adalah Prof. Heather Burrow dan Dr. Ir. Yenny Nur Anggraeni (Peneliti Loka Penelitian Sapi Potong).

 Kedua project melibatkan peneliti-peneliti yang berada di bawah Balitbangtan (Puslitbangnak, Puslitbangbun, Balai Besar Penelitian Veteriner, Balai Penelitian Tanah, Balai Penelitian Ternak, Loka Penelitian Sapi potong), dan BPTP disetiap provinsi yang menjadi tempat kegiatan akan dilaksanakan. Selain itu Balitbangtan juga bekerjasama dengan Universitas New England -Armidale Australia, Universitas Mataram-Lombok, Universitas Sriwijaya, Universitas Islam Riau, dan Universitas Mulawarman Kalimantan Timur dan Universitas Lambung Mangkurat. 


Baca juga:


Project akan dilaksanakan selama 3,5 tahun, mulai tahun 2018 sampai dengan tahun 2021 di lima provinsi yaitu Riau, Sumatera Selatan dan Kalimantan Timur untuk Palm-Cow; serta Kalimantan Selatan dan Nusa Tenggara Barat untuk Crop-Cow.

Launching  dilanjutkan dengan workshop yang menyajikan hasil-hasil penelitian dari project ACIAR yang telah dikerjakan dalam 10 tahun terakhir di Indonesia. Kegiatan ini bertujuan untuk mendapatkan pelajaran dari kegiatan yang pernah dilaksanakan.

Pertemuan Pertama Tm Indobeef 1 Februari 2018

 Pada tanggal 1 Februari 2018 dilaksanakan pertemuan pertama untuk seluruh anggota tim Indobeef, dilanjutkan dengan workshop untuk tim peneliti Palm-Cow  dan Crop-Cow (2-3 Februari 2018)  guna membahas rincian kegiatan selama 3,5 tahun.

 

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN