Bogor, 09-Aug-2020


Bogor (15/07/2020) Wabah Covid-19 yang belum sepenuhnya selesai tidak menyurutkan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) melalui Puslitbang Peternakan untuk melaksanakan percepatan diseminasi hasil inovasi Balitbangtan di bidang peternakan. Tim Akselerasi Diseminasi yang dipimpin oleh peneliti senior Puslitbangnak Dr. Endang Romjali kembali melaksanakan kunjungan lapang pada beberapa Kelompok Ternak Dewasa (KTD) dan Kelompok Tani Wanita (KWT) sebagai calon penerima diseminasi bibit unggul Balitbangtan di Kota Bogor. Kunjungan yang dilaksanakan hari Rabu, 15 Juli 2020, ini dilakukan ke KTD Adil Makmur (Kedunghalang), KTD Haji Edi (Bogor Timur), dan KWT Tulip (Caringin), .

Kunjungan lapang ini dilakukan dalam rangka penyiapan dan peninjauan kesiapan infrastruktur sebelum bantuan bibit ternak Kambing Boerka dan ayam Kampung Unggul Balitbangtan diberikan kepada KTD/KWT. Dr. Endang Romjali menyatakan bahwa kesiapan infrastruktur, sumber pakan hijauan dan sumber daya manusia sangat perlu diperhatikan dalam mendukung keberhasilan diseminasi bibit unggul ternak yang akan diberikan kepada kelompok ternak.

Peninjauan penanaman hijauan pakan ternak (HPT) di KTD juga dilakukan sebagai upaya monitoring kesiapan sejauh mana ketersediaan pakan dalam mendukung bibit ternak bantuan yang akan diberikan sehingga harapannya sumber pakan terpenuhi sebelum ternak diberikan.

Kegiatan kunjungan lapang diawali dengan mengukur luas lahan dan bangunan kandang yang akan dibangun serta inventarisasi bahan bangunan yang diperlukan dalam pembangunan kandang. Selain itu, dilakukan peninjauan penanaman hijauan pakan ternak yang berada di lokasi KTD, diantaranya indigofera, odot, rumput benggala. Selain Dr. Endang Romjali , anggota tim dari Puslitbangnak yang terlibat antara lain Bayu Arta Ramadhan. (BAR/NH)