Bogor, 19-Sep-2020


Untuk menghimpun masukan-masukan kepada pemerintah Tim kajian Antisipatif dan Responsif Kebijakan Strategis Peternakan dan Veteriner (KAR-KSPV) Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak)  telah melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) pada tanggal 10 Maret 2020 di Tuban. FGD dimoderatori oleh Kepala Loka Penelitian Sapi Potong Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. Pemateri dalam acara ini adalah Joko Utomo (Direktur Utama CV. Bumi Peternakan Wahyu Utama), dan Tim KAR-KSPV Puslitbangnak yang terdiri dari Prof. Ismeth Inounu, Ir. Dwi Priyanto MS, Dr. RM A Adjid dan Dr. Ratna Ayu S.

Dalam program strategis 2020-2024, Kementerian Pertanian berusaha mendorong lebih kuat Pertanian dalam pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) untuk bergerak di sektor pertanian agar berkolaborasi membentuk kelompok-kelompok usaha bersama atau bekerjasama dengan korporasi besar dan swasta. Kendala utama yang dihadapi oleh peternakan rakyat untuk mengembangkan usahanya utamanya adalah ketersediaan modal.

Pemerintah sejak beberapa tahun terakhir, telah berupaya memberikan kemudahan bagi pembiayaan pertanian melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR). Percepatan penyerapan KUR bagi usaha peternakan perlu terus didorong dengan menginisiasi pihak-pihak koperasi, asosiasi, maupun swasta/pengusaha untuk dapat berperan menjadi off taker bagi peternak rakyat. Hal ini akan berdampak terhadap peningkatan populasi dan produksi sapi nasional. FGD dihadiri perwakilan kelompok tani ternak dan Tim KAR-KSPV Puslitbangnak. (REP)

 

Sumber: Loka Penelitian Sapi Potong