Bogor, 29-Mar-2020


Purworejo (13 Maret 2020) Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) yang diwakili oleh Dr. Bess Tiesnamurti menjadi keynote speech dalam acara Seminar Nasional Pertanian Dan Peternakan Terpadu 3 tahun 2020 yang dilaksanakan pada tanggal 14 Maret 2020 oleh Fakultas Pertanian Universitas Muhammadiyah Purworejo. Dr. Bess menyampaikan paparan dengan judul “ Peranan Teknologi Peternakan dalam Peningkatan Daya Saing Sumberdaya Lokal” . Seminar mengusung tema Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Lokal di era Revolusi Industri 4.0.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan daya saing sumber daya bidang pertanian dan peternakan revolusi industri 4.0; menghasilkan karya ilmiah bidang pertanian dan peternakan di era revolusi industri; pengembangan ilmu pengetahuan serta pengaplikasian konsep, strategi dan solusi peningkatan daya saing sumber daya lokal di era industri 4.0 dan menjalin komunikasi terkait peningkatan daya saing sumber daya lokal di era revolusi industri 4.0.

Seminar menampilkan 2 pembicara Prof. Dr. Ir. Zainal Bachrudin, M.Sc. dan Dr. Jangkung Handoyo Mulyo M. Ec. Dalam pelaksanaannya seminar dibagi menjadi 4 sub tema yaitu: Penyediaan sarana reduksi pertanian peternakan; Teknologi budidaya pertanian peternakan berbasis sumberdaya lokal; Teknologi pengolahan produk pertanian peternakan dan Aspek penunjang (Kelembagaan , perkreditan, pendidikan, sosial budaya, ekonomi dan peran media massa).

Peneliti lingkup Puslitbangnak Dr. IGAP Mahendri, Dr. Tatan Kostaman, Zuratih S.Pt, MSc, Bayu Dewantoro S.Pt, MSc., Dr. Tiurma Pasaribu dan Agustine Herliatika berpartisipasi sebagai pemakalah dalam seminar ini. Selain Seminar dalam acara ini juga dilaksanakan pelantikan ketua APTSIPI Wilayah VI. (REP)