Bogor, 13-Aug-2020


SITUBONDO – Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) menggelar pertemuan dalam rangka Evaluasi Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (BEKERJA) di Pendopo Kabupaten Situbondo pada 31 Desember 2019 lalu. Acara dihadiri oleh sekitar 180 peserta yang terdiri dari Pendamping Desa, TKSK. Tim teknis dan vaksinator Kabupaten, Tim BEKERJA Puslitbangnak dan Lolit Sapi Grati, serta Camat dan Kepala Desa yang menjadi lokasi kegiatan Program BEKERJA. Pembicara dalam pertemuan ini adalah Kepala Puslitbangnak Dr. Ir. Atien Priyanti, Bupati Situbondo H. Dadang Wigiarto SH, Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Situbondo drh. M.H. Riwansia.

Acara diawali dengan paparan Kepala Puslitbangnak yang menyampaikan apresiasinya terhadap kinerja para Pendamping Desa dan petugas terkait lainnya dalam pendistribusian bantuan Program BEKERJA yang meliputi bibit Ayam KUB, pakan, dan sarana pendukungnya, juga paparan terkait realisasi, permasalahan dan solusi dalam pelaksanaan Program BEKERJA di Kabupaten Situbondo tahun 2019.

Sementara itu, Bupati Situbondo dalam arahannya berharap Program BEKERJA ini dapat dikelola dengan baik sehingga mampu menjadi kegiatan ekonomi produktif. “Apabila akan dijadikan sebuah bisnis, maka perlu ada proses lanjutan,” ujar Bupati. Berbagai permasalahan dalam Program BEKERJA, ujarnya, dapat diatasi dengan sistem komunikasi yang baik.

Dalam kesempatan ini, Bupati mengingatkan petugas Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan agar melakukan monitoring terhadap penyakit yang kemungkinan muncul. Koordinasi dengan UPTD Pasar dan Dinas Perdagangan juga sangat penting untuk mengatur manajemen pasar Ayam KUB. Selain itu, Bupati menginginkan agar para penerima manfaat Program BEKERJA memiliki mental yang tangguh. 

Sebagai bentuk evaluasi kegiatan Program BEKERJA, dalam pertemuan ini beberapa perwakilan Pendamping Desa juga menyampaikan harapan dan masukannya. Informasi dari para Pendamping Desa ini akan menjadi bahan evaluasi yang dapat membuat Program BEKERJA menjadi lebih baik.