Bogor, 22-Oct-2018       English Version


Medan - Sei Putih(20/09/2018). Dalam rangka merealisasikan rencana program pengembangan domba dan kambing di Indonesia yang berorientasi bisnis dan berkelanjutan  yang akan didanai oleh World Bank yaitu “Small Ruminant Developmen" dibawah koordinasi Badan Litbang Pertanian dan proyek "Strengthening the Capacity Of Agricultural Development Polytechnic in Produting Young Agricultural Entrepreneurs" dibawah koordinasi Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian, maka dilakukan peninjuan oleh World Bank ke Loka Penelitian Kambing Potong.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Loka Penelitian Kambing Potong (Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si), Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Dr. Atien Priyanti, M.Sc), Kepala Biro Komisi Luar Negeri Kementerian Pertanian (Ir. Mesah Tarigan, M.Sc), Dekan Fakultas Peternakan IPB (Bapak Dr. Asep Sudarman) beserta peserta Polbangtan (Politeknik Pembangunan Pertanian Medan), serta seluruh peneliti Loka Penelitian Kambing Potong.

Sebelum melakukan pertemuan, seluruh peserta melakukan lawatan ke lapangan percobaan Stenotaphrum secundatum, kandang percobaan, dan pabrik pakan mini.

Kepala Biro Komisi Luar Negeri Kementerian Pertanian (Ir. Mesah Tarigan, M.Sc) memberikan pengarahan setelah memantau lapangan, sumber daya yang dimiliki Loka Penelitian Kambing Potong sudah cukup baik, optimis bisa memenuhi prasyarat proyek dengan Bank Dunia. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana mengelola kotoran kambing yang masih belum terawat, contoh di beberapa Negara berkembang bisa digunakan sebagai tenaga listrik.

Selanjutnya Kepala Pusat Penelitian Dan Pengembangan Peternakan (Dr. Atien Priyantini, M.Sc.) menyampaikan bahwa ini merupakan peluang yang sangat baik yang ditawarkan World Bank dan bersifat soft loan yang akan membuat nama Loka Penelitian Kambing Potong lebih dikenal dikanca nasional dan internasional. Begitu juga dengan Dekan Fakultas Peternakan IPB (Bapak Dr. Asep Sudarman) yang mengatakan bahwa kerjasama ini merupakan kesempatan emas melihat sumber daya alam yang tersedia di Loka Penelitian Kambing Potong sudah banyak tersedia.

Kepala Loka Penelitian Kambing Potong (Dr. Ir. Simon Elieser, M.Si) juga mengatakan harapan semoga kerjasama ini dapat mengharumkan nama Kementerian Pertanian dan mensejahterahkan masyarakat sekitar. Kepala Loka juga mempresentasikan mengenai profil Loka Penelitian Kambing Potong, disusul dengan tanya jawab oleh para peserta kegiatan.

Pada kesempatan akhir,  Dr. Atien Priyantini, M.Sc menyampaikan masukan agar Loka Penelitian Kambing Potong juga ikut mengambil peran  objektif, komprehensif, dari hulu ke hilir. 

 

Sumber: Lolit Kambing Potong

 

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN