Bogor, 22-Oct-2018       English Version


Bogor (Senin, 06/08/2018). Saat ini Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) sedang gencar-gencarnya berusaha mendongkrak hasil-hasil penelitian untuk dapat dipublikasikan di tingkat global (internasional). Hasil penelitian yang dipublikasikan merupakan sebuah aset negara yang sangat penting karena tingkat peradaban sebuah negara dapat dilihat dari jumlah publikasi yang dihasilkan. Sehingga tak dapat di pungkiri, kini setiap negara saling memperebutkan untuk mendapatkan peringkat tertinggi dalam publikasi internasional.

Jumlah penduduk di negara kita relatif lebih banyak dari pada beberapa negara tetangga, namun kenyataannya, kini jumlah publikasi di negara kita masih kalah dengan jumlah publikasi di beberapa negara tetangga. Menurut informasi dari ristekdikti bahwa salah satu penyebabnya adalah rendahnya publikasi global para peneliti tersebut.  Berdasarkan inilah maka untuk meningkatkan jumlah publikasi, pemerintah melalui  Kemenristekdikti membangun Science and Technology Index yang diberi nama SINTA. (http://sinta2.ristekdikti.go.id).

Saat ini  jumlah yang berkontribusi di Sinta lebih dari 4000 perguruan tinggi dan 113.000 penulis terdaftar di dalamnya. Untuk meningkatkan kuantitas dan kualitas pendaftar penulis di SINTA maka Kemenristekdikiti c.q. Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual menyelenggarakan Pelatihan Verifikator Sinta  bagi Lembaga Litbang dan Kementerian.

Kegiatan pelatihan verifikator Sinta  yang bertempat di   Ruang Meeting Besar Gedung Botani Mikrobiologi – Pusat Penelitian Biologi LIPI  dihadiri oleh  31 perwakilan dari Lembaga Litbang dan Kementerian yang masing-masing perwakilan terdiri 2 orang.  Dari Badan Litbang Pertanian - Kementerian Pertanian mengirimkan 3 orang dari Sekretariat, BPATP, dan Puslitbangnak.

Acara ini  dibuka oleh Kepala Pusat Penelitian Biologi-LIPI (Dr. Ir. Witjaksono, M.Sc)  beliau berharap sistem SINTA dapat memotivasi para peneliti untuk lebih giat menghasilkan publikasi dan perlahan dapat menghilangkan ketergantungan penggunaan sistem pengindeks publikasi dari luar negeri.

Materi  pelatihan verifikator Sinta disampaikan oleh  Dr. Lukman, ST, MHum sekaligus  memberikan bimbingan teknis cara penggunaan sistem SINTA.

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN