Bogor, 17-Dec-2018


Hari Krida Pertanian (HKP) Ke-46 Tingkat Provinsi Jawa Barat digelar mulai 27 – 29 Juli 2018 di Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor. Acara ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah Provinsi Jabar terhadap para nelayan dan petani. HKP Ke-46 kali ini mengusung tema “Melalui HKP Ke-46 Tahun 2018 Kita Tingkatkan Kualitas Pangan Untuk Kemajuan dan Kesejahteraan Petani/Nelayan Jawa Barat”.

Pada Pameran HKP ke-46 tersebut, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian menggelar aneka inovasi pertanian, display berbagai produk seperti telur ayam KUB, aneka produk olahan dan publikasi (Jurnal, leaflet, buku dll). Selain itu dimeriahkan juga dengan Bimbingan Teknis Tanaman Hidroponik dan Pembuatan Smoothies Berbahan dasar Pakcoy.

Menurut Kepala Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Kabupaten Bogor, Ir. Siti Nurianty, MM, terselenggaranya acara ini diharapkan mampu meningkatkan kualitas pangan dan kesejahteraan petani dan nelayan. Selain menampilkan produk hasil pertanian dari berbagai daerah, terdapat beberapa varietas tanaman pangan baru yang dilaunching guna menginformasikan kepada masyarakat luas khususnya petani. Varietas baru tersebut diantaranya ialah tanaman padi, papaya, pala dan rumput gajah. Diharapkan setelah melaunching varietas baru produk hasil pertanian akan ada banyak manfaat yang dirasakan oleh petani seperti pengembangan baru dalam hasil produksi serta dapat meningkatkan pemasaran hasil produksi pertanian dan perkebunan mereka.

Kegiatan menarik lainnya di HKP ini adalah pemecahan rekor muri “Platting Lapis Bogor Sangkuriang Varian Kopi”. Sebanyak 500 peserta mengambil andil dalam kegiatan ini. Peserta yang mengikuti rekor muri ini diberikan sertifikat langsung oleh Indonesian Chef Assiciation (ICA)  dan Museum Rekor Indonesia (MURI). Selain itu, ada Festival Kopi yang memamerkan kopi-kopi khas Bogor. Terdapat banyak stand menarik yang ditampilkan disana. Dalam Festival ini juga diberikan segelas kopi gratis bagi pengunjung yang datang pada festival kopi.

Semangat Hari Krida Pertanian diharapkan akan terus ada bagi para petani dan nelayan dalam menjalani aktivitas mereka sehari-hari. Sehingga, petani dan nelayan Indonesia terbentuk sebagai petani yang memiliki pengetahuan, keterampilan dan motivasi dalam mewujudkan kemandirian pangan. HKP selanjutnya akan dilaksanakan di Tasikmalaya. (REP/NH/MIF)

loading...

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN