Bogor, 26-Sep-2018       English Version


Saat ini Kementerian Pertanian sudah mencanangkan Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera (#BEKERJA). Program Bekerja adalah Program Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera berbasis Pertanian untuk memberdayakan kapasitas masyarakat miskin di desa melalui usaha berbasis pertanian secara intensif dan terintegrasi. Penetapan Rumah tangga miskin mengacu pada Data Terpadu Program Penanganan Fakir Miskin dengan lokasi yang sudah ditetapkan dalam Permentan Nomor 27/Permentan/RC.120/5/201.

Sehubungan dengan itu Puslitbangnak telah melaksanakan Workshop Verifikasi Rumah Tangga Miskin (RTM) Calon Penerima Bantuan Program #BEKERJA Kementerian Pertanian dilakukan di Kabupaten Indramayu pada tanggal 2 Juli 2018 bertempat di Pendopo Kabupaten Indramayu. Workshop dihadiri oleh Dr. Atien Priyanti (Kepala Puslitbangnak), Ir. Hafid Mahfud (Kepala Dinas Ketahanan Pangan), Sutanto Jaya, SHut., MSi. (Kepala Bidang Penyuluh Dinas Pertanian), Tati Rahmawati, SPd., MPd. (Kepala Bidang Konsumsi dan Keamanan Pangan), dan Tim verifikator.

Verifikator dari satuan kerja Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian yang terdiri dari Puslitbangnak; Puslitbanghorti; BB Litvet; BB Padi; BB Pascapanen; Balitnak; Balithi dan Balittanah, serta para petugas Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK) dan Tenaga Kesejahteraan Sosial Desa (TKSD) dari kecamatan/desa yang akan dilakukan verifikasi. Verifikator Puslitbangnak terdiri dari Dr. Eko Handiwirawan, MSi.; Nandi Hendriana, ST, MKom.; Fitra A Pamungkas, SPt., MSi.; Priyono, SPt., MSi.; Ganjar, SPt.; Ridwan dan Irfan R Hidayat, SPt.

 Kriteria penilaian verifikasi terdiri dari: (1) Nama, umur dan alamat; (2) Jumlah kepemilikan lahan; (3) Pekerjaan (bidang pertanian); (4) Ketersediaan listrik; dan (5) Kondisi bangunan rumah (saat sampling di lapang).  

Setelah melaksanakan verifikasi, jumlah RTM yang memenuhi syarat di Kabupaten Indramayu sebanyak 835,  di 4 kecamatan yaitu Kandanghaur 60 RTM, Kroya 260 RTM, Gantar 290 RTM dan Tukdana 225 RTM. Hasil verifikasi RTM ini akan menjadi dasar distribusi bantuan sarana, paket ternak dan tanaman kepada RTM di masing-masing kabupaten. (REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN