Bogor, 25-Sep-2018       English Version


Menyambut kehadiran bulan suci Ramadhan 1439 H, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) mengadakan Tarhib Ramadhan bertema “Bersihkan Hati, Kuatkan Ukhuwah, dan Tingkatkan Kepedulian bagi Sesama” di Kampus Pertanian Cimanggu, Bogor, pada 7-9 Mei 2018. Tarhib Ramadhan akan dihadiri Ibu Hajjah Martati Amran Sulaeman dan dibuka oleh Kepala Balitbangtan Dr. Muhammad Syakir.

Pada Tarhib Ramadhan yang berlangsung selama tiga hari ini akan digelar berbagai kegiatan sosial, aneka lomba, pasar murah, pameran tenant teknologi Balitbangtan, bimbingan teknis, dan Agroeduwisata.
Kegiatan tahunan ini diselenggarakan Korpri Balitbangtan bekerja sama dengan Dharma Wanita Persatuan (DWP) Balitbangtan dalam rangka kegiatan sosial menyambut kedatangan  bulan suci Ramadan 1439 H. Pada acara ini akan disampaikan ribuan paket sembako bagi para karyawan yang kurang mampu utamanya Pegawai Harian Lepas (PHL).

Sebagai tanda kepedulian DWP dan Korpri Balitbangtan akan dilaksanakan pembagian 3.000 paket sembako, terdiri dari beras 5 kilogram, gula pasir 1 kilogram dan minyak goreng 2 liter. Paket sembako ini akan dibagikan kepada para tenaga kontrak dan pegawai Golongan I di lingkup Balitbangtan.

 Aneka lomba juga digelar baik untuk masyarakat umum maupun dan karyawan. Diantaranya, perlombaan Pildacil atau pemilihan da’i cilik sebagai wadah penyalur bakat putra/putri kita dalam syiar islam, merangkai bunga, lomba pangan lokal non beras, dan lomba menyanyikan lagu Islami.

 Selain itu, akan digelar pasar murah bekerja sama dengan Toko Tani Indonesia (TTI) dan PT Berdikari untuk membantu masyarakat umum memperoleh bahan pokok dengan harga lebih murah dari harga pasaran umum. Pasar Murah di antaranya menyediakan sembako murah serta daging sapi, kerbau, daging ayam beku, olahan daging sapi, dan produk pertanian lainnya.
 
Nilai plus Tarhib Ramadan tahun ini adanya pameran tenant teknologi Balitbangtan serta Bimbingan teknis (Bimtek) dan Agroeduwisata gratis. Kegiatan menarik ini merupakan upaya Balitbangtan untuk mendekatkan dan mengenalkan inovasinya kepada masyarakat sebagai end user. Bimbingan teknis dan Agroeduwisata merupakan kolaborasi dengan Unit Kerja dan Unit Pelayanan Teknis Balitbangtan di Bogor sekaligus sebagai soft launching Agroinovasi Fair on the spot yang akan segera diluncurkan Balitbangtan.
  
Materi Bimtek antara lain pembuatan keju Mozarella, pembuatan es krim ubi ungu, pengolahan kopi, dan budidaya ayam kampung unggul Balitbangtan (KUB) dengan peserta keseluruhan mencapai lebih dari 250 orang. Bimtek ayam KUB diselenggarakan untuk mendukung program BEKERJA (Bedah Kemiskinan Rakyat Sejahtera) yang diluncurkan Kementerian Pertanian. Selain peserta umum, Balitbangtan secara khusus mengundang peserta dari kaum dhuafa yang akan diberikan bantuan khusus masing-masing 50 ekor DOC ayam/anak ayam KUB dan pakan untuk 2,5 bulan.

 Agroeduwisata yang terdiri dari tujuh sesi ditujukan untuk mengenal lebih dekat Kampus Pertanian Cimanggu, Bogor. Target peserta kunjungan di atas 500 generasi muda dari sekolah dan perguruan tinggi sekitar Bogor.

Tujuan utama Agroeduwisata antara lain Taman Agroinovasi di Balai Besar Pengkajian dan  Pengembangan Pertanian (BBP2TP), Kawasan Wisata Ilmiah Tanaman Obat di Balai Penelitian Tanaman Rempah dan Obat (Balitro), Bank Gen dan petak pamer Sumber Daya Genetik (SDG) Pertanian di Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Bioteknologi dan Sumber Daya Genetik Pertanian (BB Biogen), dan Laboratorium Kultur Jaringan Tanaman Perkebunan di Pusat Penelitian dan  Pengembangan Tanaman Perkebunan.

 Sumber: Retno SHM/Balitbangtan

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN