Bogor, 25-Sep-2018       English Version


Lombok – Perkembangan teknologi informasi khususnya internet telah menjadi salah satu strategi untuk menjangkau lebih banyak pengguna informasi. Teknologi internet yang sangat berkembang saat ini adalah website. Bagi sebua institusi, website digunakan sebagai media informasi, komunikasi dan publikasi hasil-hasil penelitian inovasi teknologi.  Melalui website dan media sosial juga suatu institusi dapat mempengaruh persepsi masyarakat terhadap kinerja institusi dan hasil  produk yang dihasilkan.

Dalam rangka meningkatkan layanan informasi melalui website dan media sosial di lingkungan Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan), serta mewujudkan pelayanan informasi inovasi teknologi pertanian yang cepat, tepat dan akurat kepada stakeholder. maka Balitbangtan menyelengarakan kegiatan workshop pengelolaan website dan media sosial tanggal  24-28 April 2018 di Hotel Santika, Lombok, Mataram, Nusa Tenggara Barat.

Workshop dibuka secara resmi oleh Sekretaris Balitbangtan yang diwakili oleh kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) NTB Dr.Ir. Saleh Muhtar. Dalam sambutannya, menyampaikan pesan kepada pengelola harus tetap semangat dan dapat mendiseminasikan inovasi teknologi pertanian melalui media online (website) dan media sosial. Workshop ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas para pengelola situs web dan media sosial lingkup Balitbangtan dalam pengetahuan, ketermpilan, dan kreatifitas dalam menulis dan mengemas tulisan menjadi informasi yang menarik dan mudah dipahami oleh pembaca. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan layanan informasi pada website dan media sosial Balitbangtan yang baik. Peningkatan kapasitas SDM pengelola situs website perlu dilakukan, sehubungan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) untuk mendukung penyebaran informasi capaian kerja Balitbangtan termasuk di dalamnya diseminasi inovasi teknologi yang dihasilkan oleh unit kerja dan unit pelaksana teknis.

Pelaksanaan kegiatan dilakukan selama empat hari, dan diisi dengan beberapa materi antara lain;

  1. Fakta dan opini narasumber Muhammad Taufiqurahman
  2. Teknik menulis dasar narasumber Susandijani jabatan Redaktur Tempo,
  3. Penggalian bahan riset narasumber Hernien Y. KledenJabatan Editor senior tempo
  4. Judul, leade, paragrap dan penutup narasumber Dwisetia Irawanto jabatan wartawan
  5. Pengantar digital marketing narasumber Dika Kurniawan
  6. Pedoman media cyber nara sumber Mas Siba
  7. Liputan lapang dan Praktek menulis karyailmiah .berita, artikel nara sumber tem tempo
  8. Infografis dan  mengelola data kedalam grafis oleh Murad jabatan desainer tempo

Sementara narasumber Mas Siba, menyampaikan beberapa hal bagaimana mengemas dan menyebarkan informasi melalui media sosial, menyebarkan informasi yang baik melalui  media online, olah gambar di media sosial dengan kemasan yang menarik dan komunikatif. Workshop tidak hanya penyajian materi saja, tetapi melakukan liputan kepeternak ayam di desa Aik Bukak di Lombok Tengah.

Kegiatan kunjungan ke peternak ayam KUB Binaan BPTP NTB

 

Sumber: Balitnak

 

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN