Bogor, 23-Apr-2018       English Version


Bertempat di Balai Penelitian Ternak hari ini, 17-18 April 2018 digelar bimbingan teknis (Bimtek) ayam kampung unggulan Balitbangtan (KUB). Bimtek dibuka oleh Kepala Balai Penelitian Ternak Dr. Soeharsono yang dalam sambutannya menyampaikan satu-satunya lembaga riset yang sudah menghasilkan ayam kampung unggul. Diharapkan bimtek ini bisa bermanfaat bagi semua. Balitnak sebagai lembaga penelitian welcome dan siap disadap ilmunya untuk dimanfaatkan di masyarakat.

Kepala Pustaka Ir. Gayatri K. Rana MSc. dalam sambutannya menyampaikan memelihara ayam kampung sudah menjadi budaya sejak zaman dahulu kala. Akan tetapi ayam kampung yang ada di Balitnak ini beda, bedanya ayam kampung ini bisa menghasilkan telur 180 butir per tahun. Ayam kampung dengan cita rasa yang khas memiliki pangsa pasar kalangan menengah ke atas. Bimtek ini merupakan kerjasama Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) dengan Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan yang dilaksanakan di Balai Penelitian Ternak. Setelah ini akan direncanakan Bimtek juga di BPTP seluruh Indonesia, yang sudah siap antara lain NTB, Banten, Jawa Timur dan Yogyakarta.

Materi yang disampaikan diantaranya “Pengenalan galur ayam kampung teknologi pembibitan inovasi Balitbangtan” (Dr. Ir. Hasnelly Z., MP), “Manajemen pemeliharaan ayam kampung” (Komarudin SPt., MM., MSc), dan “Pengendalian penyakit” (Drh. Tri Wardhani C., SKH).

Selain materi diatas dilaksanakan juga kunjungan lapang dan demo mesin tetas (Abdullah Ujianto) dan telur serta demo mencampur ransum (Gunadi).

Antusiasme masyarakat terhadap ayam kampung unggulan Balitbangtan (KUB) begitu tinggi, dari 1 gelombang yang direncanakan akhirnya akan dilaksanakan 4 gelombang masing-masing terdiri dari 100 orang peserta yang berasal dari Jawa Barat (Bogor, Depok, Cianjur, Ciamis, Cicurug), Jawa Timur dan Kalimantan Selatan.

Selain Bimtek ayam KUB juga akan dilaksanakan bimtek itik dan kelinci. (REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek