Bogor, 14-Dec-2018


Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) telah Workshop Penulisan dan Editing Kreatif pada tanggal 26-28 Maret 2018 di Wisma Kementerian Pertanian Cipayung Bogor. Workshop dibuka oleh Kepala Pustaka Ir. Gayatri K. Rana M.Sc. yang dalam sambutannya menyampaikan diharapkan workshop ini akan memberi pengetahuan dan meningkatkan pemahaman peserta tentang penulisan efektif, penyuntingan naskah, dan proses editing. Dari Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) hadir Rahmawati Elvianora Pul (Pranata Humas). Worshop diikuti oleh pustakawan, pranta humas dan pengelola publikasi lingkup Kementerian Pertanian.

Nasumber pertama Kepala Pustaka (Ir. Gayatri K. Rana M.Sc) menyampaikan materi dengan judul Penderasan Diseminasi Inovasi Pertanian Melalui Publikasi.. Keterampilan editing akan mendukung peningkatan kualitas naskah maupun penerbitan bagi UK/UPT lingkup Kementerian Pertanian yang memproduksi publikasi berkala maupun tidak berkala (buku). Diseminasi inovasi pertanian dilakukan melalui media sosial yaitu youtube, facebook, twitter dan Instagram.

 Kemudian dilanjutkan narasumber kedua Bambang Trimansyah, S.S., (praktisi di bidang penulisan-penerbitan), yang juga menjabat sebagai ketua umum perkumpulan penulis professional Indonesia (Penpro). Materi yang disampaikan adalah: Effective writing, Pengantar copy editing, Mechanical editing, Gaya Selingkung, Editing legalitas dan kesopanan, editing data dan fakta dan studi kasus. Lima tahap yang harus dilalui sebelum karya tulis terbit (publish): prewriting, drafting, revising, editing dan publishing. Selain itu disampaikan juga ada 7 prinsip penulisan: kejelasan, keringkasan, ketepatan, kesatupaduan, keterpautan, penegasan dan ketuntasan. (REP)

loading...

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN