Bogor, 25-Sep-2018       English Version


Ponsel berbasis android saat ini sangat populer digunakan oleh masyarakat, tak terkecuali di kalangan petani dan peternak. Oleh karena itu, aplikasi berbasis android menjadi media yang tepat guna menyebarkan informasi.

Puslitbang Peternakan melalui Loka Penelitian Sapi Potong mengembangkan sistem aplikasi android yang diberi nama Sistem Identifikasi dan Rekording Ternak atau “Sidik Peternakan Versi 1”.

“Sidik Peternakan Versi 1” adalah aplikasi yang bermanfaat untuk melakukan identifikasi dan rekording ternak sapi. Apa itu identifikasi dan rekording? Identifikasi adalah proses/prosedur yang dilakukan untuk mengenali, mengidentifikasi karakter dan melacak ternak tertentu menggunakan suatu alat penanda khusus (marking).

Recording adalah suatu proses kegiatan yang meliputi identifikasi, pencatatan silsilah, pencatatan data produksi dan reproduksi, serta pencatatan manajemen pemeliharaan dan kesehatan ternak dalam suatu usaha ternak.

Aplikasi ini berguna untuk memudahkan dalam membedakan sapi yang satu dengan yang lain, mempermudah pengawasan ternak yang dimiliki, mempermudah pencarian atau pelacakan posisi sapi di kandang, atau jika hilang.

Selain itu dengan aplikasi ini juga bisa diketahui riwayat keturunan ternak sehingga bisa menjadi dasar seleksi ternak untuk memperoleh ternak unggul serta menghindari terjadinya perkawinan satu kerabat.

Dengan aplikasi ini juga mempermudah dalam penanganan, perawatan maupun pengobatan pada ternak berdasar catatan yang ada, terutama jika ternak tersebut membutuhkan perlakuan khusus. (Ppk)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN