Bogor, 25-Sep-2018       English Version


Bertempat di IPB ICC Bogor telah dilaksanakan Seminar Nasional ”Industrialisasi Unggas Lokal yang Berdaya Saing” pada 27 Februari 2018 yang dihadiri oleh Fitra Aji Pamungkas, S.Pt., M.Si.(Puslitbangnak). 

Kegiatan ini diselenggarakan atas kerjasama Poultry Indonesia dengan Himpunan Peternak Unggas Lokal Indonesia (Himpuli). Drs. Ade M. Zulkarnain sebagai Panitia Seminar dalam sambutannya menyampaikan kepedulian stakeholders terhadap potensi ternak lokal Indonesia dan adanya trend pengembangan unggas lokal dengan segmen pasar tersendiri menuju industrialisasi hingga tujuan ekspor.

Selanjutnya Drh. I Ketut Diarnita (Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan) dalam sambutannya sekaligus membuka acara seminar menyampaikan akan pentingnya regulasi pengembangan industrialisasi unggas lokal yang berdaya saing. Ada 2 isu yang disampaikan yaitu terkait ketergantungan sumber unggas baik breeder maupun layer serta terkait isu import unggas dari Brasil. Beliau juga menyampaikan beberapa perusahaan unggas lokal yang telah mendapatkan Sertifikat Kompartemen Bebas AI yaitu: Sumber Unggas Indonesia (PS Farm) Gunung Sindur, Jawa Barat, Putra Perkasa Genetika (Farm Itik dan Broiler) Gunung Sindur Jawa Barat dan Putra Perkasa Genetika (Farm Itik dan Layer) Gunung Sindur Jawa Barat.

Pada kesempatan itu, dilakukan pula penandatanganan kerjasama antara PT. Charoen Pockpand Indonesia (PT. CPI) dengan PT. Sumber Unggas Indonesia terkait dukungan PT. CPI melalui pakan tanpa Antibiotic Growth Promoter (AGP) dalam pengembangan unggas lokal.


Baca juga:


Kegiatan Seminar Nasional ”Industrialisasi Unggas Lokal yang Berdaya Saing” terbagi kedalam dua sesi. Untuk Sesi I menghadirkan 3 (tiga) narasumber: Drs. Ade M. Zulkarnain (Ketua Umum Himpuli) mengenai Tren bisnis unggas lokal dan prospek industrialisasi yang berdaya saing, Dr. Ir. Tike Sartika,M.Si (Peneliti Balai Penelitian Ternak) mengenai Keragaman genetik unggas lokal yang siap untuk industrialisasi, dan Naryanto (PT. Sumber Unggas Indonesia) mengenai Success story : Mengembangkan ayam lokal Indonesia.

Sedangkan Sesi II menghadirkan 2 (dua) narasumber: Dr. Drh. Desianto B. Utomo, M.Sc (PT. Charoen Pockpand Indonesia) mengenai Pandangan industri dalam pengembangan pakan unggas lokal dan Ir. Achmad Dawami (PT. Japfa Comfeed Indonesia) mengenai Pandangan industri dalam pengembangan budidaya unggas lokal.   (REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN