Bogor, 25-Sep-2018       English Version


Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner (Semnas TPV) merupakan kegiatan reguler yang diselenggarakan Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) untuk menunjang upaya percepatan penyebaran hasil­hasil penelitian teknologi peternakan dan veteriner. Tujuan seminar adalah untuk: (1) Menghimpun dan merumuskan informasi teknologi peternakan dan veteriner dalam mendukung diversifikasi kebutuhan protein asal ternak; (2) Menyediakan forum pertukaran informasi ilmiah teknologi peternakan dan veteriner, serta sosialisasi hasil-hasil penelitian di bidang peternakan dan veteriner; dan (3) Meningkatkan jejaring antara lembaga penelitian, perguruan tinggi, praktisi peternakan, serta pengguna jasa hasil penelitian peternakan dan veteriner di dalam maupun luar negeri.

 

Tema seminar tahun ini adalah “Teknologi Peternakan dan Veteriner Mendukung Diversifikasi Sumber Protein Asal Ternak”. Ketersediaan, diversifikasi dan kemandirian pangan merupakan indikator ketahanan pangan nasional. Mewujudkan ketahanan pangan nasional yang bertumpu pada kemandirian pangan telah menjadi komitmen pemerintah dalam rangka pembangunan pertanian. Ketahanan pangan dibangun berdasarkan sumberdaya, kelembagaan dan budaya lokal yang bertujuan untuk meningkatkan keanekaragaman produksi serta konsumsi pangan lokal yang bergizi dan aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Pola pangan masyarakat Indonesia harus terdiversifikasi tidak hanya pangan pokok yang bertumpu pada karbohidrat, tetapi juga secara luas seperti pangan sumber protein, vitamin dan mineral yang berasal dari ternak.

 

Semnas TPV tahun ini menampilkan 5 (lima) makalah undangan dari dalam maupun luar negeri, dengan topik sebagai berikut: What will Sustainable Livestock Systems Look Like in the 21st Century and Beyond? oleh Dr. John Patrick Goopy dari International Livestock Research Institute (ILRI), Senior Fellow, University of Melbourne, Australia; “Diversifikasi Pangan Asal Ternak Mendukung Keamanan Pangan Nasionaloleh Ir. Tri Agustin Satrini, MM, Kepala Pusat Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan, Badan Ketahanan Pangan, Kementerian Pertanian; Pengembangan Teknologi Pakan Ternak Sapi melalui Integrasi Sawit-Sapi untuk Mendukung Penyediaan Protein Hewanioleh Ir. Arief Arianto, MSc.Agr., Kepala Pusat Teknologi Produksi Pertanian, Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi; Sosialisasi Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor 36/Permentan/LB.070/8/2016 tentang Pengkajian Keamanan Pakan Produk Rekayasa Genetik oleh Dr. Drh. Sri Muharsini, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan, Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian, Kementerian Pertanian; dan “Menggerakkan Produksi Ternak Kambing Domba Berorientasi Eksporoleh Ir. Yudi Guntara Noor, Ketua DPP Himpunan Peternak Domba Kambing Indonesia (HPDKI).


Baca juga:


Makalah penunjang yang dipresentasikan secara oral sebanyak 59 (lima puluh sembilan) dan dalam bentuk poster sebanyak 29 (dua puluh sembilan). Beberapa makalah yang dipresentasikan pada seminar ini dipublikasikan di Jurnal Ilmu Ternak dan Veteriner (JITV). Makalah penunjang yang dipresentasikan berasal dari berbagai instansi terkait yang tersebar di seluruh provinsi di Indonesia seperti Perguruan Tinggi, Badan Tenaga Nuklir (BATAN), dinas peternakan dan pusat penelitian serta balai lingkup Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan).

 

Hasil-hasil penelitian maupun kebijakan peternakan yang dihimpun dalam prosiding ini diharapkan dapat menambah informasi yang terkait dengan bidang peternakan dan veteriner, di mana hal ini juga dapat mempercepat alih teknologi hasil penelitian unggulan untuk peningkatan daya saing dan mewujudkan kedaulatan pangan hewani.

 

Informasi selengkapnya: Semnas TPV 2017

 

 

 

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN