Bogor, 19-01-2018       English Version


Puslitbangnak – Dalam rangka mensukseskan program Upsus Siwab Kementerian Pertanian, Puslitbangnak melaksanakan kegiatan Focus Grup Discussion (FGD) terkait pengendalian sapi betina produktif mendukung Program Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting (Upsus Siwab). FGD dibuka oleh Kepala Puslitbangnak (Dr. Atien Priyanti) dengan menyampaikan beberapa arahan yakni mewujudkan peternakan tangguh melalui program Upsus Siwab. Salah satu ruang lingkup capaian kegiatan Upsus Siwab mencakup terkait pengendalian pemotongan Sapi Betina Produktif (SBP). Puslitbangnak telah concern program SBP tersebut sejak tahun 2008 sudah memberikan rekomendasi melalui kegiatan Analisis Kebijakan (ANJAK). Kedepan, Puslitbangnak akan merangkul seluruh stakeholder dan mitra terkait untuk pengendalian pemotongan SBP di Indonesia sehingga program Upsus Siwab akan berjalan sukses. Hal tersebut akan berdampak positif terkait populasi ternak di Indonesia akan meningkat serta program swasembada daging pemerintah akan tercapai dimasa mendatang.

Narasumber dalam kegiatan ini Sekretaris Nasional Upsus Siwab (Dr. Maidaswar), Prof (R). Dr. Ir. Tjeppy D Soedjana, M.Sc dan Direktur Eksekutif Gabungan Pengusaha Sapi Potong Indonesia (Joni Liano).

Dari kegiatan FGD ini disimpulkan bahwa dalam mendukung Program Upsus Siwab Kementerian Pertanian pengendalian pemotongan SBP wajib dilaksanakan untuk mendorong tercapainya realisasi IB/Bunting dalam program Upsus Siwab. Selain itu Rumah Pemotongan Hewan (RPH) melalui peran dan bantuan Pemerintah Daerah diharapkan mendukung  kegiatan tersebut dengan cara menolak memotong sapi betina yang masih produktif ataupun sapi betina yang sedang hamil. Badan Litbang Pertanian diharapkan dapat membuat kajian terhadap respon/strategi program Upsus Siwab dari Hulu sampai Hilir. Pengambilan data/laporan harian (ISIKHNAS) Upsus Siwab tahun depan diharapkan agar tidak hanya dilakukan oleh petugas Dinas tetapi BPTP juga diharapkan ikut andil dalam pengambilan data di lokasi demfarm. Demfarm/demplot Upsus Siwab kedepan akan dilaksanakan dengan melibatkan dengan para mahasiswa yang sedang menempuh PKL ataupun Skripsi. (BAR/REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID