Bogor, 19-01-2018       English Version


Dalam rangka penyebarluasan hasil inovasi teknologi Balai Penelitian Ternak (Balitnak), mulai bulan Oktober 2017 digelar Jum’at Inovatif Balitnak. Kegiatan ini akan dijadikan agenda bulanan yang akan dilaksanakan setiap hari Jumat minggu terakhir. Bulan ini tepatnya 26 Oktober 2017 digelar Bimbingan Teknis Inseminasi Buatan Pada Ayam bertempat di kantor Balitnak Ciawi. Bimtek dibuka oleh Kepala Jasa Penelitian (Jaslit) Balitnak Linda Yunia SE, yang dalam sambutannya menyampaikan semoga peserta bimtek dapat menjadi jembatan untuk mengaplikasikan dan meneruskan ilmu yang didapat kepada pengguna lainnya.

Kegiatan ini menghadirkan narasumber Abdullah Ujianto. Bimtek diperuntukkan bagi penyuluh, peternak, praktisi peternakan, serta masyarakat umum yang tertarik pada peternakan. Jumlah peserta dibatasi hanya untuk 20 orang.

Disampaikan bahwa betina induk yang akan dijadikan untuk bibit harus memenuhi syarat sebagai berikut: 1). Sehat dan tidak cacat, 2) Berproduksi tinggi, 3) Minimal sudah mengalami periode pertama bertelur, 4) Induk sedang bertelur, 5) Pemeliharaan induk sebaiknya dalam kandang batere individu.

Sedangkan pejantan yang akan dijadikan bibit harus memenuhi syarat: 1) Postur seimbang, gagah, tidak cacat, lincah dan memiliki nafsu kawin yang tinggi, 2) Umur 1-3 tahun, bertaji dengan panjang 0,5 – 1,5 cm, 3) Memiliki mutu genetik yang tinggi, 4) Mempunyai hubungan keturunan yang jauh dengan induk yang akan di IB, 5) Kandang pemeliharaan pejantan harus terpisah dengan kandang induk.

Keberhasilan IB pada ayam ditentukan oleh 1) Kondisi pejantan, 2) Kondisi betina (induk), 3) Bahan pengencer semen, 4) Metode IB, 5) Waktu IB, 6) Dosis IB dan 7) Nutrisi pakan. (REP)

 

Vlog Jum'at Inovatif Balitnak: Vlog IB Ayam

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID