Bogor, 25-Sep-2018       English Version


ILDEX 2017 dilaksanakan tanggal 18-20 Oktober 2017 di JIEXPO kemayoran Jakarta. Tim Sumberdaya Genetik Ternak (SDGT) Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) berpartisipasi dalam Seminar hari Jumat, 20 Oktober 2017 di Hall D Room 105 dengan mensosialisasikan tentang “  Pengelolaan dan Pemanfaatan Berkelanjutan Sumberdaya Genetik Ternak di Indonesia oleh Asosiasi Bidang Peternakan”. Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengetahui sampai sejauh mana pengelolaan sumber daya genetik ternak (SDGT) oleh asosiasi. Acara tersebut dihadiri oleh Asosiasi Breeder Ruminansia Indonesia, Perusahaan Swasta, Mitra Stakeholder, mahasiswa dan Tim SDGT Puslitbangnak, dengan narasumber Dr. Tatan Kostaman dan moderator Dr. Bess Tiesnamurti.

Disampaikan juga prioritas utama Strategi Nasional dan Rencana Aksi (SNRA) untuk SDGT yaitu Karakterisasi, inventarisasi dan monitoring perkembangan terkait dengan resiko kepunahan, pemanfaatan berkelanjutan dan pengembangan, konservasi, kebijakan, dan kelembagaan. Dari paparan disimpulkan bahwa Pengelolaan SDGT secara berkelanjutan merupakan kegiatan yang memerlukan koordinasi, pemahaman dan kerjasama yang harmonis antara berbagai pihak, salah satunya adalah dengan Asosiasi/Perhimpunan.

Faktor yang menyebabkan kepunahan terhadap SDGT adalah perubahan fungsi budaya ternak, pemanfaatan berkelanjutan dan pengembangan dipengaruhi oleh adanya  impor. Faktor yang mempengaruhi konservasi adalah sifat produksi, sedangkan dari kebijakan, dipengaruhi oleh kelembagaan dan pengembangan kapasitas. (REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

loading...

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN