Bogor, 14-Dec-2018


Sebagai upaya untuk menjawab tantangan kebutuhan sapi potong dalam negeri, Balitbangtan melalui Puslitbangnak telah diberikan mandat terkait peningkatan produktivitas sapi potong melalui riset sapi kembar. Untuk mendukung hal tersebut, pada 19 Oktober 2017 di Ruang Rapat Puslitbangnak, telah dilaksanakan suatu Focus Group Discussion yang membahas hasil-hasil penelitian sapi kembar di Indonesia.

Acara dipimpin oleh Kepala Puslitbangnak (Dr. Atien Priyanti) yang dalam sambutannya menyampaikan bahwa salah satu tujuan kegiatan FGD ini adalah mendapatkan informasi terkait peluang dan kendala dalam implementasi hasil penelitian sapi kembar di lapangan. Acara FGD dihadiri peserta undangan sejumlah 16 orang yang berasal dari lintas instansi riset diantaranya BB Biogen, BBP2TP, Balitnak, Puslit Biotek LIPI, Lolit Sapi Potong dan Universitas Sriwijaya.

Dalam pelaksanaan diskusi, telah diketahui bahwa terdapat beberapa faktor lingkungan yang dapat memengaruhi tingkat kelahiran sapi kembar. Beberapa diantaranya adalah bakat genetik yang didapatkan dari induk yang memiliki riwayat kelahiran kembar serta manipulasi reproduksi ternak melalui teknik superovulasi pada induk. Selain itu, turut pula diketahui bahwa tingkat kelahiran kembar pada sapi potong hanya memiliki persentase sebesar 1% dari kejadian kelahiran yang ada di peternak rakyat. Disisi lain, kelahiran kembar pada sapi perah memiliki tingkat persentase yang lebih besar yaitu pada kisaran 3—5%.

Kegiatan diakhiri dengan penyusunan matriks penelitian sebagai upaya untuk mengerucutkan hasil-hasil review yang sudah dilakukan di masing-masing instansi. Matriks tersebut akan disampaikan kepada seluruh peserta undangan agar didapatkan masukkan yang akan disampaikan kepada Kepala Balitbangtan. Kegiatan Riset dierncanakan dalam bentuk konsorsium sehingga rencana penelitian tersebut tidak mengulang kegiatan yang sudah pernah dilakukan.

loading...

 

 

 

Layanan Elektronik

 

 

Pro-Tek PPID

 

 

LAYANAN PUBLIK REFORMASI BIROKRASI e-KINERJA SIGAP PENGADUAN