Bogor, 24-10-2017       English Version


Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak) mendukung Program Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat dalam mensosialisasikan Rencana Aksi Daerah (RAD) Gas Rumah Kaca. Pada tanggal 29 September 2017, Puslitbangnak dan Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat telah melaksanakan kegiatan sosialisasi RAD GRK di Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Indramayu. Acara dihadiri oleh Kepala Dinas, Kepala Bidang Peternakan, Kepala Seksi Perbibitan, staf dan beberapa perwakilan petugas penyuluh lapang.

Bapak Asep Hermawan, SPt perwakilan dari Bidang Perbibitan Dinas Ketahanan Pangan dan Kesehatan Hewan  dalam sambutannya menyampaikan tujuan kegiatan sosialisasi untuk meningkatkan pemahaman petugas dalam upaya mengurangi emisi gas metana dari sub sektor peternakan serta mengurangi dampak negatif dari perubahan iklim terhadap penurunan produktivitas ternak.

Drh. Imas Sri Nurhayati, MSi  perwakilan tim mitigasi Puslitbangnak menyampaikan materi tentang "Teknologi mitigasi gas rumah kaca sub sektor peternakan". Dalam paparannya disampaikan upaya penurunan emisi gas rumah kaca dari sub sektor peternakan, yaitu: 1) Pemberian leguminosa sebagai pakan aditif diantaranya gamal, kaliandra, indigofera, glirisidia, lamtoro (meningkatkan daya cerna, efisiensi penggunaan pakan, menurunkan produksi gas metana dalam rumen); 2) Penyusunan ransum komplit : formulasi antara limbah/hasil samping pertanian/perkebunan (sumber serat) dan limbah industri pertanian/perkebunan (konsentrat); 3) Sistem integrasi tanaman-ternak: sawit-sapi, coklat-kambing, padi-sapi dll dalam upaya mitigasi serta menjaga sikus carbon pada sektor peternakan serta 4) Pengolahan kotoran ternak  melalui pengomposan dan pembuatan biogas. (REP/ISN)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID