Bogor, 24-10-2017       English Version


Langkat (21/09/2017). Kegiatan monitoring Demfarm Upsus Siwab dilaksanakan tanggal 18 – 21 September 2017 di Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara. Diawali dengan diskusi antara Tim  Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak), Loka Penelitian Kambing Potong serta Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan (Distanpangan Kabupaten Langkat) bersama Kelompok Tani Ternak (KTT) Sekata yang berlokasi di Dusun III Desa Pasiran Kecamatan Gebang Kabupaten Langkat, Provinsi sumatera Utara. Tim terdiri dari Prof. Dr. drh. Sjamsul Bahri dan  Bayu Arta Ramadhan, S.Pt (Puslitbangnak), Syawal Hasibuan, S.Pt, M.Si dan Dr. Simon P Ginting  (Loka Penelitian Kambing Potong). Tim didampingi oleh  Dr. Ir. Tatang Mochtar Ibrahim, M.Sc (Peneliti BPTP Sumatera Utara) dan drh. Ashadi Mazlan (Distanpangan Kab. Langkat).

Adapun materi diskusi ini antara lain pelaporan capaian kebuntingan ternak yang telah di sinkronisasi estrus menggunakan nanohormon serta kendala ternak di lapangan setelah dilaksanakan sikronisasi estrus menggunakan nano hormon pada kunjungan lapang sebelumnya.

Diskusi dibuka oleh Prof. Sjamsul Bahri dengan menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam monitoring demfarm Upsus Siwab terkait parameter terukur, penanaman indigofera sp, pembinaan demfarm upsus siwab serta evaluasi kondisi ternak dari masing-masing peternak.

Pengamatan ternak yang telah di sinkronisasi estrus menggunakan nanohormon pada Kelompok  Tani Ternak (KTT) Sekata dan Kelompok tani Ternak (KTT) Tani Jaya dilakukan dengan pemeriksaan kebuntingan ternak di kandang kelompok dan kandang peternak. Selain itu dilakukan juga penyerahan bibit Indigofera sp sebanyak 430 polybag dan 1000 bibit stek rumput gajah mini/odot serta dilakukan monitoring penanaman indigofera sp di lahan milik KTT Sekata.

Kegiatan ini dharapkan dapat meningkatkan pengetahuan petani ternak dan meningkatkan produksi bibit serta produksi tanaman pakan ternak di KTT Sekata dan KTT Tani Jaya. (REP/BAR)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID