Bogor, 21-11-2017       English Version


Kegiatan protokol diskusi sinkronisasi program riset veteriner dengan UPT Puslitbangnak dalam menghasilkan bibit sapi, kambing, dan ayam bebas penyakit yang berkelanjutan telah diselenggarakan Kamis, 7 September 2017 di Balai Besar Penelitian Veteriner, Bogor. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut pertemuan sebelumnya pada tanggal 18 Agustus 2017 di BB Litvet yang bertujuan sebagai upaya UPT Puslitbangnak menghasilkan bibit ternak yang bebas penyakit. Pertemuan dihadiri sekitar 30 orang yang terdiri dari  pejabat struktural UK/UPT Lingkup Puslitbangnak dan ketua kelompok peneliti (Kelti) Puslitbangnak, BB Litvet, dan Balitnak.  Output dari kegiatan ini yaitu saran dan masukan dari masing-masing UPT Puslitbangnak sebagai penghasil bibit serta para peneliti senior terkait untuk penyempurnaan rencana riset veteriner tersebut.

Sebagai upaya untuk menambahkan input masukan dan wawasan, telah diundang narasumber dari Direktorat Kesehatan Hewan dengan topik “Protokol Kesehatan Hewan dan Upaya Pembebasan Penyakit Sapi Potong, Kambing Potong, dan Ayam di UPT Penghasil Bibit”. Dalam kesempatan tersebut, Drh. Muhammad Syibli (Kasubdit Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit Hewan) menyampaikan bahwa pembebasan penyakit pada ternak bibit agar  mengacu pada UU tahun 2008 jo UU Nomor 41 tahun 2014, PP tentang pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan Bab V pasal 48, Permentan No 28 tahun 2008, dan OIE.

Selanjutnya dipaparkan proposal RPTP dari Penanggung Jawab Kegiatan BB Litvet “Penerapan Teknologi Veteriner di Lolit Sapi Potong, Lolit Kambing Potong, dan Balitnak dalam Menghasilkan Bibit Ternak Bebas Penyakit yang Berkelanjutan” yang disampaikan oleh Dr. Harimurti Nuradji. Kegiatan RPTP ini terbagi dalam 3 ROPP: (1) Penerapan Teknologi Veteriner di Loka Penelitian Kambing Potong sebagai Sumber Bibit Bebas Penyakit yang Berkelanjutan; (2) Penerapan Teknologi Veteriner di Loka Penelitian Sapi Potong sebagai Sumber Bibit Bebas Penyakit yang Berkelanjutan; dan (3) Penerapan Teknologi Veteriner di Balai Penelitian Ternak sebagai Sumber Bibit Bebas Penyakit yang Berkelanjutan. Keluaran jangka panjang yang ditargetkan adalah tersedianya bibit ternak yang bebas penyakit pada tahun 2018-2020.

Beberapa hal yang menjadi masukan dalam tindak lanjut kegiatan protokol diskusi tersebut, bahwa metodologi yang disusun harus dirancang dengan baik dan disesuaikan dengan tujuan riset. Output yang akan dihasilkan juga perlu disesuaikan dengan roadmapnya, sehingga dapat diketahui tahapan penelitian per tahun secara terukur. Disamping itu, prioritisasi perlu diterapkan dalam pelaksanaan riset untuk menghasilkan ternak bibit bebas penyakit di UPT Puslitbangnak.
Harapan dari kegiatan ini adalah terjadinya sinergi antara program riset BB Litvet dengan UPT Puslitbangnak dalam menghasilkan bibit ternak bebas penyakit yang berkelanjutan. (PRI/REP)

 

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional

 

 

 

 

Galeri Foto Kegiatan

 

 

 

Layanan Elektronik ( e-Government )

 

International SeminarKP-HSTP

Pro-Tek RECISPPID