Bogor, 24-09-2017       English Version


Seminar bulanan sudah menjadi agenda rutin Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbangnak). Dengan dimoderatori oleh Fitra Aji Pamungkas SPt. MSi (Kasubbid PHP), acara dibuka oleh Kepala Bagian Tata Usaha, Dr. Hatta Muhammad, yang dalam sambutannya mengharapkan masukan dari peserta seminar terhadap hasil penelitian yang disampaikan.
Seminar bulan ini menampilkan 2 narasumber (peneliti Balai Penelitian Ternak): Angga Ardhati Rani Hapsari SPt. MAgr. MSi dengan topik “Molecular Genetic Characterization of Domesticated Animal” dan Dr. Elizabeth Wina dengan topik “Zinc organic sebagai pakan suplemen untuk ternak ruminansia”.

Angga dalam paparannya menyampaikan  tujuan pelatihan di Korea Selatan untuk:  1) Membangun jejaring penerapan karakterisasi genetika molekuler di negara – negara anggota; 2) Menjalin kemitraan antar negara anggota; 3) Melakukan studi praktis genetika molekuler di bidang sumber daya genetik hewan selama pelatihan untuk dapat diterapkan di negara masing-masing; 4) Mendorong pengembangan teknologi pertanian negara-negara anggota dengan cara saling berbagi informasi an teknologi pertanian yang sudah dihasilkan.

Dalam paparannya Dr. Elizabeth Wina menyampaikan antara lain fungsi mineral mikro termasuk Zinc adalah: 1) Meningkatkan fertilitas, 2) Pertumbuhan janin, 3) Ketahanan terhadap penyakit, 4) Integritas kuku dan kulit, 5) Sistim saraf, 6) Pelapis bulu, 7) Meningkatkan nafsu makan, 8) Pembentukan tulang, 9) Meningkatkan produksi susu dan pembentukan otot.

Seminar diikuti oleh 50 orang yang berasal dari: Peneliti lingkup Balitbangtan, Dosen dari perguruan tinggi, Kementerian Pertanian (Ditjen PKH dan Setjen) serta struktural lingkup Puslitbangnak. (REP)

Galeri Foto Kegiatan

 

 

SISTEM INTEGRASI SAWIT-SAPI (SISASA)

Integrasi sawit-sapi merupakan program terobosan yang strategis, tertuang dalam Renstra Kementerian Pertanian 2015-2019
dalam upaya meningkatkan produksi daging di dalam negeri serta mewujudkan ketahanan pangan nasional